Gibran Main Otok-Otok Tandai Pembukaan Festival Bocah Dolanan di Solo

SetyoNt - Sabtu, 27 November 2021 18:26 WIB
Festival Bocah Dolanan 2021

Solo, Jatengaja.com - Untuk melestarikan dolanan anak-anak digelar Festival Bocah Dolanan di Rumah Kabudayan ndalem Djojokoesoeman, Solo selama dua hari Sabtu - Minggu 27-28 November 2021.

Sebanyak sepuluh sanggar seni ikut ambil bagian dalam Festival Bocah Dolanan yang dibuka Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dengan memainkan dolanan anak otok-otok (mainan putaran dari bambu kalau diputar berbunyi otok-otok).

Ke-10 sanggar seni yang mengikuti Festival Bocah Dolanan ini adalah Sanggar Seni Gendhewo Pinenthang, Sanggar Seni Gerong Kuning, Sanggar Seni Sang Citra, Sanggar Metta Budaya, Sanggar Seni Semarak Candra Kirana, Sanggar Seni Adanu Jumantoro, Sanggar Orek, Sanggar Seni Kemasan, Sanggar Seni Pincuk, dan Sanggar Seni Sarwi Retno Budoyo.

Wali Kota Solo, Gibran memberikan apresiasi atas pelaksanaan Festival Bocah Dolanan dan memeberikan semangat pada anak-anak yang masih melestarikan tradisi dolanan bocah.

“Yang seperti ini jangan sampai tersingkirkan, buat main game, yang seperti ini harus dilestarikan. Ini salah satu cara untuk mengenalkan budaya kita ke anak-anak dengan cara itu yang paling simpel itu seperti bermain,” katanya.

Gibran menambahkan, acara ini agar terus berlangsung karena Festival Bocah Dolanan merupakan sarana untuk mengenalkan budaya bangsa kepada anak-anak jaman sekarang.

Pembukaan Festival Bocah Dolanan 2021 ditandai dengan dimulainya Walikota Surakarta, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo, serta Kepala Bidang Kesenian Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Solo membunyikan mainan Otok-Otok (Puteran).

Terdapat 3 Dewan Juri dalam acara Festival Bocah Dolanan 2021 ini yaitu dr. Yoyok Bambang Priyambodo, S.E, M.S.H, (Budayawan Seniman dan Pimpinan Sanggar Greget Semarang), Waluyo S.Kar, M.Hum (Dosen Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta), dan Hari mulyanto S.Kar, M.Hum (Dosen Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta).

Pada hari pertama Festival Boca Dolanan yaitu tanggal 27 November 2021 akan tampil 6 sanggar seni dan pada tanggal 28 November 2021 akan tampil 4 sanggar seni

Tulisan ini telah tayang di soloaja.co oleh Kusumawati pada 27 Nov 2021

Editor: SetyoNt
Bagikan

RELATED NEWS