Dukung UKM, Pusat Investasi Pemerintah Gelar Bazar Ramadhan

Sulistya - Sabtu, 16 April 2022 08:08 WIB
Tenda Edukasi dan Layanan Konsultasi yang diadakan Pusat Investasi Pemerintah (PIP). (Jatengaja.com/dok)

Jakarta, Jatengaja.com – Pusat Investasi Pemerintah (PIP) berkomitmen mendukung ekosistem bagi para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) serta memfasilitasi kebutuhan pembiayaan bagi masyarakat pelaku usaha. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar bazar.

Bazar Bernama “UMi Ramadhan Fair” digelar di Jakarta. Yaitu bazar Ramadhan Fair di Lapangan Banteng yang diselenggarakan Pemda DKI Jakarta pada 11 - 20 April 2022 dan Istiqlal Halal Expo 2022 yang diadakan Badan Pengelola Masjid Istiqlal pada 15 - 24 April 2022;

Mohd Zeki Arifudin dari PIP menuturkan, Pemerintah Indonesia telah mendukung pemberian akses permodalan dan pemberdayaan UMKM khususnya kepada para pelaku usaha perempuan.

Bentuk dukungan tersebut berupa Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang dilakukan oleh Badan Layanan Usaha Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP).

“Pembiayaan UMi selain memberikan pembiayaan juga memberikan dukungan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku usaha ultra mikro termasuk pelaku usaha perempuan. Dukungan pelatihan dan pendampingan antara lain pendampingan pengurusan legalitas usaha, peningkatan kapasitas usaha, serta digitalisasi atau penyaluran menggunakan uang elektronik, pemasaran melalui sarana on-line,” tutur Mohd Zeki dalam siarn persnya.

Informasi dan Edukasi

Dijelaskan, konsep kegiatan “UMi Ramadhan Fair” adalah booth pembiayaan UMi, yang akan menyediakan informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pembiayaan Umi.

Kemudian booth layanan konsultasi dan edukasi layanan legalitas usaha, perpajakan, dan ekspor. Kegiatan ini akan bekerjasama dengan unit-unit Kementerian Keuangan antara lain Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak, Ditjen Bea & Cukai, dan Ditjen Kekayaan Negara, serta lembaga lain seperti BKPM, PNM, dan Pegadaian.

Selain itu, booth promosi produk dari Debitur UMi pada zona Bazaar Murah yang mencakup jenis produk kuliner, kriya atau kerajinan, dan produk fashion.

Selain itu, juga digelar talksow di Lapangan Banteng dengan tema “Muda Berwirausaha : From Job Seeker to Job Creator ” yang akan dilaksanakan pada hari Senin (18/4/2022), pukul 16.00 - 17.45 WIB, dengan pembicara dari pelaku usaha debitur Pembiayaan UMi dan praktisi pendampingan usaha. Talkshow ini ditujukan untuk mengajak kawula muda untuk berani berwirausaha dan jangan takut untuk memulai usaha.

Adapun di Masjid Istiqlal, talkshow dengan tema "Tips Mengelola Keuangan dan Mengembangkan Usaha”, akan diselenggarakan Selasa (19/4/2022) pukul 15.45 - 17.45 WIB, dengan menghadirkan pembicara dari Bank Indonesia, praktisi pendampingan usaha, dan pelaku usaha debitur Pembiayaan UMi.

“Juga diadakan coaching clinic on boarding UMKM yang memberikan edukasi kepada pelaku UMKM untuk dapat mengakses pemasaran e-marketing bekerjasama dengan platfom Grab Indonesia dan Choop. Selain itu, cooking class dan art class berupa patchwork atau membuat dompet dari kain perca dan quilting atau merajut tas,” katanya.

Perlu diketahui, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merupakan unit organisasi non-eselon di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pusat Investasi Pemerintah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS