Disiapkan Rp437 M untuk Perbaikan Jalan di Jateng pada 2023

Sulistya - Jumat, 03 Maret 2023 19:31 WIB
Pekerja melakukan perbaikan jalan. Untuk perbaikan penyelenggaraan jalan tahun 2023, Pemprov Jateng menganggarkan Rp437 miliar. (dok/Humas Prov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan melakukan perbaikan jalan melalui program Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK). Pekerjaan akan dilakukan dengan sistem pemeliharaan, rehabilitasi, dan rekonstruksi jalan.

Untuk perbaikan penyelenggaraan jalan tahun 2023, Pemprov Jateng menganggarkan Rp437 miliar.

Kepala DPUBMCK Provinsi Jawa Tengah, AR Hanung Triyono menuturkan, pemeliharaan jalan pada 2023 sepanjang 2,404.741 kilometer.

"Kalau pemeliharaan kami lakukan sepanjang tahun dan tiap tahun pasti ada penanganan," katanya di Semarang, Jumat (3/3/2023).

Dikatakan, selain melalui anggaran APBD Provinsi Jawa Tengah, perbaikan jalan juga dilakukan menggunakan program Hibah Jalan Daerah dan Dana Alokasi Khusus.

Yakni Batur-Dieng-Kejajar-Wonosobo sepanjang 2,2 kilometer dengan anggaran Rp15,3 miliar, Kertek-Kepil-Kemiri panjang 3 kilometer dengan anggaran Rp19,2 miliar, Magelang-Kaliangkrik-Sapuran panjang 2,3 kilometer dengan anggaran Rp16,4 miliar, Galih-Ngrampal panjang 1,16 km dengan anggaran Rp9,9 miliar, serta Lasem-Sale sepanjang 2 kilometer dengan anggaran Rp17 miliar.

"Untuk saat ini proses lelang program rehab dan peningkatan jalan sudah selesai dan mulai tahap pelaksanaan," tutur Hanung.

Kendati demikian, tahap pelaksanaan memang terkendala cuaca. Sebab, perbaikan jalan tidak bisa dilakukan saat hujan.

"Tapi kami komitmen untuk terus melakukan yang terbaik, dan tepat waktu," katanya.

Dalam pemeliharaan jalan, pihaknya melibatkan kelompok masyarakat bina marga (PokmasBima) serta masyarakat secara langsung melalui kanal aduan aplikasi Jalan Cantik.

"Semua aduan atau laporan kerusakan jalan kami terima dan ditangani," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS