Direvitalisasi, Nantikan Lokananta Reborn pada Akhir 2022

Sulistya - Jumat, 15 Juli 2022 08:46 WIB
Koleksi kaset di Studio Musik Lokananta, Surakarta. (dok/Humas Pemprov Jateng)

Surakarta, Jatengaja.com – Lokananta merupakan studio musik tertua di Indonesia. Lokananta akan direvitalisasi agar lebih modern dan menghilangkan nuansa mistis yang menyelimutinya.

“Keren kalau di museum ini juga disiapkan alat untuk bisa mendengarkan langsung rekaman-rekaman yang ada di sini,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ketika berkeliling Lokananta, Kamis (14/7).

Gubernur mengaku tak bisa menutupi antusiasmenya dan menantikan Lokananta Reborn. Ketika berkeliling dan mengunjungi ruangan, gubernur mengaku seolah kembali ke masa muda, terutama saat melihat koleksi kaset lagu-lagu rock era 80an.

“Lha gamelan yang jadi cerita mistis itu juga bisa dijadikan daya tarik sendiri lho, mungkin bisa nanti disiapkan satu ruangan dan momen kalau ada pengunjung yang ingin melihat gamelan bunyi sendiri. Tapi sebenarnya kita yang bunyiin pakai musik,” ujar gubernur.

Ganjar berharap Lokananta Reborn jadi titik balik bergeliatnya industri musik dan menjadi destinasi wisata. Bisa juga Lokananta menjadi sekolah musik.

“Fungsinya ditambah terus kemudian harapannya ini menjadi destinasi wisata yang baru. Mudah-mudahan keren,” ujar Ganjar.

Dikatakan, revitalisasi juga akan memaksimalkan setiap ruang dan lahan yang ada di Studio Lokananta. Nantinya akan disiapkan untuk UMKM dan kuliner lokal seperti angkringan dengan hiburan musik.

“Jadi artinya mereka punya panggung yang bisa kita kelola dengan gampang dan bakat-bakat itu akan muncul dan kemudian industri kita akan hidup lagi,” tuturnya.

Dukungan Revitalisasi

Revitalisasi akan dimulai awal bulan depan. Targetnya selesai pada akhir tahun 2022. Ganjar siap mengawal dan siap membawa Lokananta jadi destinasi wisata baru.

“Ini kerjanya agak cepat, kira-kira Desember nanti sudah ada hasilnya. Permintaan dari panitia ke Pemprov, Pak ini jadikan destinasi wisata. Oke. Ini jadi prioritas, oke. Begitu saja. Pokoknya saya oke terus ini,” katanya.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan rencana revitalisasi sudah lama dibahas. Inisiasi ini mendapat sambutan baik dari Kementerian BUMN yang akan mensupport penuh proses revitalisasi.

“Ini saya kawal dari awal. Banyak masukan bagus dari Pak Gubernur,” kata Gibran.

Dalam kesempatan itu, hadir Arisudono Soerono Direktur Utama PT Danareksa (Persero), YB Priyatmo Hadi Asisten Deputi Bidang Jasa Telekomunikasi dan Media, Yadi Jay Ruchandi Direktur Utama PT PPA (Persero) dan Rizwan Rizal Abidin Direktur Investasi 1 dan Restrukturisasi PT PPA (Persero).

Perlu diketahui, studio musik Lokananta berdiri pada 29 Oktober 1956. Bangunannya itu kini sudah menjadi situs cagar budaya. Nama Lokananta digagas oleh Raden Maladi, yang berarti gamelan dari khayangan bersuara merdu. Hingga kini Lokananta masih dipilih musisi Indonesia untuk merekam lagunya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS