Diluncurkan Buku Boyolali Kaya Rasa Muat Resep 61 Makanan Olahan Pangan Lokal

SetyoNt - Jumat, 13 Oktober 2023 20:51 WIB
Bupati Boyolali, M. Said Hidayat luncurkan Buku Boyolali Kaya Rasa Muat Resep 61 Makanan Olahan Pangan Lokal. (dok.jatengprov.go.id)

Boyolali, Jatengaja.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menghimpun resep sebanyak 61 jenis makanan olahan pangan lokal yang ada di wilayah tersebut.

Resep 61 makanan atau olahan pangan lokal Boyolali tersebut dihimpun dalam sebuah buku berjudul “Boyolali Kaya Rasa.”

Peluncuran buku “Boyolali Kaya Rasa” tersebut dilakukan Bupati Boyolali, M. Said Hidayat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Boyolali, Kamis (12/10/2023).

Kepala DKP Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto mengungkapkan buku terdiri dari makanan utama, jajanan, lauk pauk, dan minuman yang ada dan sering dikonsumsi masyarakat Boyolali.

“Niat baik bupati Boyolali untuk melestarikan dan untuk mengapresiasi terhadap olahan pangan lokal Boyolali yang selama ini sudah beredar di masyarakat,” katanya dilansir dari jatengprov.go.id.

Penerbitan buku, lanjut Bambang juga untuk mengedukasi kepada anak-anak tentang yang siapa menemukan dan memperkenalkan makanan tersebut.

“Beberapa makanan olahan khas Kabupaten Boyolali yang masuk ke dalam buku, antara lain sambel tumpang, centung, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara, Bupati Boyolali, Said mengapresiasi atas diluncurkannya Buku Boyolali Kaya Rasa edisi pertama sejumlah 500 eksemplar ini.

Said berharap buku tersebut dapat memotivasi pada generasi-generasi Boyolali ke depan, juga pada para ibu-ibu semoga dapat terdorong untuk mengolah hasil pertanian menjadi masakan-masakan yang menceritakan tentang rasanya Boyolali.

“Buku ini dapat memberikan dukungan dalam rangka pengembangan sisi kepariwisataan di Boyolali karena ada keindahan, dan cerita tentang Boyolali,” katanya.

Acara peluncuran Buku Boyolali Kaya Rasa ini merupakan bagian dari gelaran Pekan Pangan Boyolali 2023 yang digelar sejak Selasa (10/10/2023) hingga Kamis (12/10/2023).

Berbagai kegiatan telah sukses digelar, antara lain ada pameran pangan hasil pertanian, lomba merangkai buah dan sayur, festival kuliner Boyolali Kaya Rasa, dan lainnya.

Selain itu, acara juga meriah dengan agenda Bulan Bakti Peternakan Ke-187 pada Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali dengan berbagai kegiatan. Seperti pameran produk pangan hasil pertanian, kontes sapi tunggangan, kontes dan pameran ikan hias, vaksinasi rabies dan lainnya. (-)

Editor: SetyoNt
Tags pangan BukuBoyolaliBagikan

RELATED NEWS