Di Jateng, Tiga Hari Terakhir Nol Kasus Baru Covid-19

Sulistya - Senin, 03 Januari 2022 17:26 WIB
Ganjar Minta Bupati/Wali Kota Turun Keliling Untuk Pastikan Tak Ada Perayaan Imlek 2022 (Jatengaja.com/Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, varian baru Covid-19 bernama varian omicron, sampai saat ini belum terdeteksi di Jawa Tengah. Dikatakan, beberapa waktu lalu sempat ada dua sampel yang dicurigai omicron, namun setelah dicek ulang ternyata tidak.

"Tapi kita tetap waspada, karena Jawa Timur kemarin kan sudah ada (omicron), maka kita harus waspada. Semua harus siap," kata gubernur usai memimpin rapat koordinasi penangaan Covid-19 di kantornya, Senin (3/1).

Terkait kewaspadaan itu, gubernur meminta rumah sakit kembali siaga. Ganjar meminta semua rumah sakit menyiapkan sumber daya manusia, ketersediaan tempat tidur, obat-obatan, sampai oksigen.

"Tapi kalau melihat tren tiga minggu ini, Covid-19 di Jateng tidak lagi melandai, tapi sudah melantai. Tiga hari ini saja, Jateng nol kasus baru Covid-19," tuturnya.

Dikatakan, pelaksanaan pengetatan selama Natal dan tahun baru di Jawa Tengah berjalan sukses. Arus mudik dan potensi-potensi kerumunan masyarakat selama Nataru bisa dikendalikan dengan baik.

"Alhamdulillah semua bisa terkendali dengan baik. Namun demikian kita tetap koordinasi dengan otoritas kesehatan, kita tungu apakah ada efek Covid-19 selama masa inkubasi. Mudah-mudahan tidak dampak, meski begitu kalau terjadi sesuatu pengendalian yang baik insyaalah bisa kita lakukan," tuturnya.

Ganjar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk bupati/wali kota, TNI Polri dan instansi terkait yang bekerja keras selama libur Nataru. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mendukung dengan tidak bepergian selama Nataru.

"Kondisi Covid-19 di Jateng sekarang sudah flat bahkan cenderung melantai. Mudah-mudahan masyarakat sadar agar ekonomi bisa bergerak kembali," ucapnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS