Dapat Bantuan Pompa Air Tenaga Surya, Petani di Purworejo Bisa Panen Setahun 3 Kali

SetyoNt - Minggu, 08 Januari 2023 16:28 WIB
Dapat Bantuan Pompa Air Tenaga Surya, Petani di Purworejo Bisa Panen Setahun 3 Kali (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Purworejo, Jatengaja.com - Berkat adanya bantuan panel listrik tenaga surya, para petani di Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah (Jateng) sekarang bisa panen setahun tiga kali.

Panel listrik tenaga surya senilai Rp450 juta untuk mengoperasikan pompa air itu berasal dari bantuan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang dananya bersumber dari APBD Pemprov Jateng tahun 2022.

Salah seorang petani di Desa Krandegan, Purworejo Mustangin mengatakan berkat adanya bantuan panel listrik tenaga surya tersebut pengairan irigasi pertanian menjadi lancar.

“Sawah di Desa Krandegan tadah hujan. Setelah adanya bantuan pompa air tenaga surya, Alhamdulillah masyarakat senang sekali dan membantu pengairan di sawah,” katanya, Sabtu (7/1/2023).

Menurutt Mustangin panel listrik tenaga surya itu berfungsi menghidupkan pompa air untuk menyedot air Sungai Dolang yang kemudian dialirkan ke area sawah melalui parit.

“Terpenuhinya kebutuhan air untuk pertanian tersebut, menjadikan petani di Desa Krandegan sekarang bisa tiga kali tanam dan tiga kali panen dalam setahun,” ujarnya.

Adanya bantuan panel listrik tenaga surta, lanjut Mustangin bisa mengurangi beban petani, terutama untuk mendapatkan air karena tiap musim kemarau, petani menggunakan mesin diesel untuk menyedot air.

Sekali masa tanam membutuhkan hingga lima kali pengairan di mana sekali mengairi setidaknya butuh 10 liter solar.

"Pembelian solar kini dibatasi. Oleh karena itulah petani di Desa Krandegan sangat terbantu dengan pompa air tenaga surya. Air itu kebutuhan pokok. Sekarang petani tambah sukses," katanya.

Petani lainnya, Muh Sokeh juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, keberadaan pompa air tenaga surya itu mempermudah akses irigasi bagi petani. Selain itu, petani juga bisa dapat air secara gratis.

Perangkat Desa Krandegan, Hendro Triyantoro menambahkan, bantuan Gubernur Ganjar Pranowo itu bisa menghasilkan listrik 18 ribu watt.

Kebedaraan alat itu bisa membantu memenuhi 70% kebutuhan air dari total 200 hektare lahan persawahan di desanya. Ada sekitar 100 petani merasakan manfaat pompa air tenaga surya itu.

"Kalau dulu hanya bisa tanam sekali atau dua kali, sekarang bisa tiga kali. Dulu bila musim kemarau sering gagal panen karena kurang air, sekarang tidak lagi," tandasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS