Bupati Kendal Segera Perbaiki Fasilitas Sejumlah SD yang Rusak Diterjang Banjir

SetyoNt - Rabu, 11 Januari 2023 21:29 WIB
Bupati Kendal Dico M Ganinduto (kiri) Segera Perbaiki Fasilitas Sejumlah SD yang Rusak Diterjang Banjir (Jatengaja.com/dok. jatengprov.go.id)

Kendal, Jatengaja.com - Fasilitas sejumlah sekolah dasar (SD) di Kabupaten Kendal mengalami kerusakan akibat diterjang banjir bandang beberapa hari lalu.

Kerusakan fasilitas sejumlah SD ini diketahui dari hasil peninjauan lapangan yang dilakukan Bupati Kendal Dico M Ganinduto ke SD 1 Sumberejo, SD 2 Kebonadem, SMP 1 Brangsong, dan SD 1 Brangsong,

“SD Sumberejo Kaliwungu, tembok depannya roboh dan alat elektroniknya rusak. Di SD Negeri Kebonadem, buku-buku di perpustakaannya rusak, karena tergenang air,” katanya dilansir dari jatengprov.go.id, Rabu (11/1).

Bupati Kendal menyatakan fasilitas SD terdampak sudah diidentifikasi beberapa kerusakannya. Untuk tindakan jangka pendeknya, sudah dikomunikasikan dengan BKD, agar bisa mencatat semua proposal yang sudah dikirimkan.

“Segera bisa dibangun kembali melalui dana tidak terduga, mengingat kerusakan akibat bencana yang tidak terduga. Kita akan selesaikan semua yang terdampak banjir,” tandasnya.

Terkait dengan penanganan jangka panjangnya, Bupati Kendal mengungkapkan, kondisi di SD 1 Sumberejo yang lokasinya lebih pendek daripada jalan raya, pasti akan ada genangan air jika turun hujan.

Dico menambahkan akan segera menggelar rapat untuk mencari solusinya, agar saat terjadi cuaca ekstrem atau hujan deras, sekolah masih bisa melakukan proses belajar mengajar.

“Untuk buku yang rusak akibat banjir akan dibantu dengan harapan bisa segera kembali normal,” kata Bupati Kendal

Sementara, Kepala SD 1 Sumberjo Juwarsih menyampaikan, banjir beberapa waktu lalu mencapai tinggi satu meter yang menyebabkan pagar depan, belakang, dan samping rusak, serta beberapa alat elektronik dan buku-buku rusak.

“Saya berharap segera dibantu untuk perbaikan fasilitas sekolah yang rusak,” harapnya.

Senada, Kepala SD 2 Kebonadem Linda Sri Wahyuda mengaku, baru kali ini sekolah yang dipimpinnya banjir, akibat jebolnya tanggul Kali Waridin membuat buku-buku di sekolah rusak.

“Terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang sudah memberikan bantuan buku,” tutur Linda. (-)

Editor: SetyoNt
Tags banjirBupati KendalBagikan

RELATED NEWS