BI Sebut Konsumen Tetap Optimistis Terhadapan Kondisi Perekenomi Jateng

SetyoNt - Senin, 13 Maret 2023 22:58 WIB
BI Sebut Konsumen Tetap Optimistis Terhadapan Kondisi Perekenomi Jateng (Jatengaja.com/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Kepercayaan konsumen tetap kuat dan merasa optimistis terhadap kondisi perekonomian di Jawa Tengah (Jateng) akan baik, pascapandemi Covid-19.

Hal ini berdasarkan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Februari 2023 yang mengindikasikan optimistis konsumen terhadap perekonomian Jateng yang tetap kuat.

“Keyakinan terhadap perekonomian Jawa Tengah ini didukung oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 127,98 dan masih berada pada level optimis (indeks >100),” kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Ndari Surjaningsih dalam rilis, Senin (13/3).

Rasa optimistis ini, imbuh Ndari juga diindikasikan terjadi pada empat kota lokasi survei di Jawa Tengah, seperti Semarang, Solo, Purwokerto, dan Tegal.

Menurut Ndari, sikap optimistis konsumen terhadap ekonomi Jateng juga ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang masih berada pada level optimis (indeks >100).

“Secara umum, indikasi optimistis konsumen terhadap perekonomian Jateng juga sejalan dengan hasil Survei Konsumen secara nasional,” tandasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS