Bhiksu Suhu Hui Siong Asal Indonesia Terpilih Sebagai Presiden Sangha Buddha Dunia

SetyoNt - Jumat, 08 Maret 2024 13:57 WIB
Bhiksu Suhu Hui Siong Asal Indonesia Terpilih Sebagai Presiden Sangha Buddha Dunia

Jakarta, Jatengaja.com - Bhiksu Mahanayaka Chaokun Prajnavira Mahasthavira lebih dikenal sebagai Suhu Hui Siong asal Indonesia terpilih sebagai President World Buddhist Sangha Council (WBSC) pada General Conference WBSC ke-11.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama (Kemenag), Supriyadi memberikan ucapan selamat atas terpilihkan Suhu Hui Siong sebagai Presiden WBSC.

“Saya secara pribadi dan institusi mengucapkan selamat, semoga menjadi kebanggaan dan spirit bagi umat Buddha Indonesia untuk meningkatkan kualitas diri dan peran aktifnya,” katanya dilansir dari kemenag.go.id, Kamis 7 Maret 2024.

Suhu Hui Siong terpilih secara aklamasi sebagai President WBSC pada General Conference WBSC ke-11, di Auckland, New Zealand, 2 - 6 Maret 2024.

Supriyadi berharap dengan terpilihnya Suhu Hui Siong sebagai Presiden WBSC dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sangha dalam mensosialisasikan dan membina umat agar memelihara lingkungan dan memperbaiki alam.

“Konferensi ini juga diharapkan dapat meningkatkan keikutsertaan sangha dalam pemeliharaan alam, membangun keharmonisan hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam, meningkatkan kerjasama dengan pemerintah setempat dalam upaya memperbaiki alam, serta melakukan aksi bersama dalam membangun keharmonisan dunia,” ujarnya.

Conference WBSC ke-11 diikuti 497 peserta, terdiri atas 28 negara, 239 bhikkhu/bhiksu, 115 bhikkhuni/bhiksuni, dan 153 peninjau.

Dewan Sangha Buddhis Dunia (World Buddhist Sangha Council/WBSC) adalah sebuah organisasi non-pemerintah (LSM) internasional yang bertujuan mengembangkan pertukaran komunitas agama dan wihara Buddhis dari berbagai tradisi di seluruh dunia.

Organisasi ini didirikan pertama kali di Kolombo, Sri Lanka pada Mei 1966. Sejak 1981, Pai Sheng Mahasthavia terpilih sebagai presiden WBSC. Kantor pusat WBSC telah pindah ke Taipei, Taiwan.

Sejak didirikan pada 1966, sudah 3 kali pertemuan dewan pimpinan (executive committee) WBSC diadakan di Indonesia, yakni: Bali (1988), Jakarta (2003), dan Medan (2012).

Pertemuan dewan pimpinan tahun depan akan dilakukan di Toronto, Canada. Sedangkan General Conference ke-12 untuk 5 tahun ke depan akan diadakan di Jerman atau Sri Lanka sebagai negara yang mengajukan diri sebagai penyelenggara. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS