Berikut Hal-hal yang Membuat HP Android Jadi Makin Lambat

Sulistya - Minggu, 04 Juni 2023 18:15 WIB
5 Kesalahan yang Membuat Ponsel Android Jadi Makin Lambat (Freepik)

Jakarta, Jatengaja.com - Saat ponsel Android terasa lambat, tentu hal tersebut menjadikan Anda merasa kesal dengan kinerja smartphone Android yang semakin lambat dan aplikasi tidak responsif. Sungguh menjengkelkan bukan?

Nah, jika Anda merasakan semua hal itu, Anda tidak sendirian. Pasalnya, banyak pengguna Android yang tanpa sadar melakukan kesalahan tertentu yang dapat memperlambat kinerja perangkat mereka secara signifikan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kesalahan berikut ini yang akan membuat ponsel Android jadi semakin lambat, seperti dikutip dari www.trenasia.com.

Kesalahan Penggunaan yang Membuat Kinerja Smartphone Android Jadi Lambat

Kesalahan Penggunaan yang Membuat Kinerja Smartphone Android Jadi Lambat

1. Mengabaikan pembaruan perangkat lunak

Salah satu kesalahan penting yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel Android adalah mengabaikan pembaruan software. Pembaruan tersebut penting untuk dilakukan karena biasanya disertai perbaikan bug, tambahan fitur keamanan, dan mampu meningkatkan kinerja ponsel.

Oleh karena itu, untuk menjaga kinerja smartphone Android agar tetap optimal, jangan abaikan pembaruan software yang telah disediakan. Biasanya, setiap ada pembaruan software, ponsel Anda akan memberikan pemberitahuan atau notifikasi berbentuk pop-up yang bisa langsung Anda klik.

2. Membiarkan aplikasi tetap bekerja di latar belakang

Memiliki terlalu banyak aplikasi yang masih berjalan di latar belakang dapat menghabiskan sumber daya sistem ponsel. Jika hal ini terjadi berulang-ulang, hal itu akan memperlambat kinerja smartphone Anda.

3. Menggunakan widget di home screen

Widget memang ada karena mampu memberikan akses cepat ke berbagai fitur yang Anda butuhkan. Akan tetapi, jika ada terlalu banyak widget di home screen, maka hal tersebut juga dapat memengaruhi kinerja ponsel Android Anda.

Hal ini karena widget merupakan ekstensi ekstra dari aplikasi yang sudah berjalan di smartphone. Oleh karena itu, lebih baik Anda membatasi jumlah widget di home screen.

4. Kehabisan memori atau ruang penyimpanan

Ruang penyimpanan yang tidak cukup dapat menghambat kinerja perangkat Anda. Selain prosesor dan RAM, internal storage juga menjadi faktor penting agar ponsel Android dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, biasakan untuk selalu menghapus file dan aplikasi yang tidak diperlukan dari smartphone Android Anda. Hal ini perlu dilakukan agar smartphone memiliki kinerja yang optimal setiap saat.

5. Membiarkan cache menumpuk di dalam aplikasi

Cache aplikasi dapat terakumulasi dari waktu ke waktu yang dapat menyebabkan kinerja ponsel Android jadi lebih lambat. Hal ini karena semua aplikasi menyimpan file sementara di ponsel agar dapat memuat halaman lebih cepat.

Akan tetapi, banyak aplikasi yang akan membuang file-file tersebut dari waktu ke waktu mungkin karena file sudah rusak. Hal ini akan menyebabkan perilaku aplikasi yang tidak normal dan akhirnya memperlambat kinerja ponsel Android. Oleh karena itu, penting untuk sesekali menghapus cache dari ponsel Android untuk menghindari penumpukan file-file sementara yang corrupt atau rusak.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan penggunaan yang membuat kinerja ponsel Android jadi lambat. (-)

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS