Baznas Jateng Salurkan Perbaikan RTLH kepada 160 Warga Senilai Rp2,980 Miliar

SetyoNt - Kamis, 10 Oktober 2024 18:47 WIB
Sekretaris Daerah Jateng, Sumarno (dua dari kiri) didampingi Ketua Baznas Jateng, Ahmad Darodji (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan perbaikan RTLH. (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah menyerahkan bantuan untuk perbaikan rumah tidak layak huni kepada 160 warga dengan nilai total Rp2,980 miliar.

Bantuan untuk perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) ratusan warga tersebut merupakan bagian dari program pengentasan kemiskinan ekstrem pada tahap III tahun 2024.

Penyerahan bantuan perbaikan RTLH dari Baznas Jawa Tengah (Jateng) tersebut secara simbolis diserahkan Sekretaris Daerah Jateng, Sumarno didampingi Ketua Baznas Jateng, Ahmad Darodji kepada Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat Jateng, Arief Djatmiko, di Semarang, Kamis (10/10/2024).

Sekda Jateng Sumarno menyatakan, bantuan perbaikan RTLH dari Baznas ini merupakan salah satu sarana untuk bersama-sama menuntaskan kemiskinan ekstrem di Jateng.

“Tujuan dari perbaikan RTLH supaya hunian warga penerima bantuan menjadi sehat dan tertata rapi, sehinggga penghuninya nyaman,” katanya.

Menurut Sumarno, indikator kemiskinan bukan hanya pada dengan kondisi rumah, namun juga menyangkut pendapatan ekonomi keluarga, kesehatan, dan sebagainya. Ia berharap, dengan dijadikannya rumah menjadi layak huni, maka penghuninya bisa semakin fokus untuk bekerja mencari nafkah.

Dengan adanya perbaikan RTLH ini, Sumarno berharap akan berdampak terhadap pengurangan stunting. Sebab, rumah yang sudah layak huni ini tersedia sanitasi yang sesuai standar kesehatan, lantai tidak lagi tanah, dan terdapat jendela/sirkulasi udara, sehingga rumah menjadi sehat.

Sementara, Ketua Baznas Jateng, KH. Ahmad Darodji mengatakan, berkomitmen menyelesaikan program perbaikan RTLH sebanyak 750 unit pada 2024.

Jumlah itu termasuk sebanyak 160 unit yang akan didistribusikan kepada warga miskin yang tersebar di berbagai daerah.

"Kita bekerjasama dengan Baznas kabupaten/kota dan Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat Jateng, sehingga data kemiskinan kita semakin menurun," katanya.

Dengan kondisi rumah yang layak, menurut Darodji, maka diharapkan suasana rumah menjadi lebih nyaman, tenang, dan sehat. Penghuninya semakin semangat bekerja, sehingga perekonomian atau kesejahteraan keluarga meningkat.

“Selain program renovasi RTLH, Baznas Jateng juga terus menggencarkan beberapa program prioritas, yakni pelatihan pemberdayaan manusia dan bantuan permodalan usaha bagi warga miskin,” ujar Darodji. (-)

Editor: SetyoNt
Tags BAZNASRTLH jatengBagikan

RELATED NEWS