Band Garage Rock AS, The Strokes Bakal Guncang Jakarta Berikut Profilnya

SetyoNt - Kamis, 23 Februari 2023 23:06 WIB
The Strokes. (BBC)

Jakarta, Jatengaja.com - Band Garage Rock Amerika Serikat (AS) The Strokes menjadi salah satu headliner utama dalam We The Fest (WTF) 2023 yang akan digelar di Jakarta, 21-23 Juli 2023.

Pengumuman kalau The Strokes yang bakal menjadi pengisi festival pun disambut meriah penggemarnya di Indonesia, karena merupakan penampilan perdana di Tanah Air .

Konser The Strokes di WTF adalah penampilan perdana Julian Casablancas cs di Indonesia sehingga digadang-gadang menjadi penampilan spesial dan sulit dilupakan lantaran mereka adalah salah satu band rock paling berpengaruh di dunia.

Berikut profil grup band Garage Rorck The Strokes yang dikutip dari berbagai sumber dilansir dari trenasia.com jaringan Jatengaja.com :

Profil The Strokes, Pelopor Kebangkitan Garage Rock

The Strokes adalah band yang lahir di New York, Amerika Serikat, pada 1998. Band bergenre garage rock itu digawangi Julian Casablancas (vokal), Albert Hammond Jr. (gitar), Nick Valensi (gitar), Nikolai Fraiture (bas) dan Fabrizio Moretti (drum). Kiprah mereka awalnya dimulai dari sebuah klub di Lower East Side New York.

Penampilan mereka di klub itu banyak disukai pengunjung sehingga membulatkan tekad band tersebut untuk menelurkan album. Is This It menjadi album studio perdana The Strokes yang dirilis pada 2001. Album ini langsung mendapatkan respons positif pasar dengan hitsnya macam Someday serta Last Nite. Album yang direkam di sebuah ruang bawah tanah itu pun sukses membawa nama The Strokes di belantika musik dunia.

Kehadiran The Strokes kala itu seperti menjadi oase di tengah gempuran musik hiphop dan R&B di Amerika Serikat. Sejumlah pengamat bahkan menyebut band itu memberi angin segar bagi dunia rock di awal abad ke-21. Selama dua dekade lebih berkarier di dunia musik, Nick Valensi cs. sudah mencetak enam album penuh dan dua mini album.

Selain Is This It, album The Strokes yang relatif sukses di pasaran adalah Room on Fire (2003) dan First Impressions of Earth (2005). Room on Fire memiliki hits macam 12:51 dan Reptilia, sedangkan First Impressions of Earth memuat lagu jempolan seperti Juicebox serta You Only Live Once. Meski demikian, daya gebrak kedua album tersebut belum mampu menyamai Is This It.

Terakhir The Strokes meluncurkan album bertajuk The New Abnormal pada 2020. Sebelum album itu rilis, band itu mengalami hibernasi tujuh tahun setelah peluncuran Comedown Machine (2013). The New Abnormal membayar penantian panjang fans The Strokes yang sudah rindu idolanya mengeluarkan album baru.

Tak hanya sukses memuaskan fansnya, The New Abnormal pun diganjar Grammy Awards 2021 dengan kategori album rock terbaik. Penghargaan itu menunjukkan sinar Julian Casablancas dkk. tak memudar meski sudah dua dekade lebih berkiprah di kancah rock dunia. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 23 Feb 2023

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS