Sekda Jateng Luncurkan Aplikasi Go Transit Layanan Terintegrasi Cummuterline Solo-Jogja

SetyoNt - Kamis, 23 Februari 2023 21:29 WIB
Sekda Jateng Sumarno (lima dari kanan) meluncurkan Aplikasi Go Transit Layanan Terintegrasi Cummuterline Solo-Jogja (Jatengaja.com/dok.jatengprov.go.id)

Solo, Jatengaja.com - Guna memudahkan masyarakat menggunakan transportasi kereta api cummuterline Solo-Jogja dan Prambana Ekspress Jogja-Kutoharjo diluncukan aplikasi GoTransit.

Peluncuran aplikasi GoTransit dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sumarno bersama Komisaris PT KAI, Sri Paduka Mangkunegara X, CEO GoTo Grup Andre Soelistyo, dan Dirut PT Kereta Commuter Indonesia Suryawan Putra di Pura Makunegaran Solo, Kamis (23/2/2023).

Sekda Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Sumarno menyatakan GoTransit untuk Commuterline Solo-Jogja dan Prambanan Ekspress Jogja-Kutoarjo sejalan dengan agenda pemerintah dalam mendukung layanan transportasi massal yang lengkap, efisien, dan terintegrasi.

“Menyambut baik kerja sama GoTo dengan PT KAI Commuter Indonesia, karena sejalan dengan program yang dijalankan Pemerintah Provinsi Jateng yakni membangun transportasi massal yang mudah dan ramah,” katanya dalam sambutan peluncuran GoTransit dilansir dari jatengprov. go.id.

Pemeintah Provinsi (Pemprov) Jateng, lanjut Sumarno terus berupaya membangun moda transportasi massal, untuk mempermudah mobilitas masyarakat.

Termasuk bersama PT KAI melakukan reaktivasi atau pengaktifan kembali jalur-jalur kereta api yang sudah mati. Menurutnya, jalur kereta api tidak difungsikan karena moda transportasi sekarang lebih mudah dan cepat dibanding kereta api.

Moda transportasi yang paling mudah adalah menggunakan moda transportasi massal, seperti kereta api dengan bahan bakar listrik. Konsep-konsep pembangunan terintegrasi seperti ini sangat penting, dan harus dilakukan bersama

“Berharap, GoTransit juga dikembangkan di daerah-daerah lain dan integrasinya lebih koherensif. Sebab, selama ini masyarakat malas atau enggan menggunakan transportasi massal karena harus menunggu, kemudian berpindah atau bergeser dari satu tempat ke tempat lain. Sehingga masyarakat lebih memillih menggunakan kendaraan pribadi,” ujar Sekda Jateng.

Sementara, CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan, memegang komitmen untuk menciptakan perjalanan multimoda yang efisien dan terintegrasi, dalam modernisasi transportasi publik di Tanah Air.

Solusi GoTransit berangkat dari visi yang sejalan dengan KAI Commuter yakni melahirkan inovasi yang menjawab kebutuhan masyarakat atas pelayanan mobilitas yang mudah, lengkap, efisien, dan terintegrasi.

“Berbekal kesuksesan GoTransit di Jabodetabek dan kepercayaan pemerintah, GoTransit berekspansi untuk melayani masyarakat Jateng dan DIY,” katanya.

Andre menambahkan masyarakat sekarang dapat bepergian dari Solo ke Yogyakarta ataupun sebaliknya hanya dengan satu aplikasi GoTransit.

“Berkat kerja sama ini, kami dapat bersama-sama merealisasikan program pemerintah dalam kemudahan mobilitas masyarakat, serta secara bersamaan meningkatkan minat berwisata di destinasi wisata Solo dan Yogyakarta,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS