Telegram Rilis Fitur Baru, Bisa Bikin Anda Ngobrol Antarbahasa

Rabu, 15 Februari 2023 10:11 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

Telegram

Ilustrasi aplikasi pesan WhatsApp, Facebook, Telegram / Pixabay

undefined

JAKARTA - Untuk berbicara dengan orang asing, biasanya orang menggunakan bahasa inggris. Namun seringkali, sebagian orang memiliki kemampuan minim dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Lantaran hal tersebut, beberapa orang mungkin harus membuka kamus atau bahkan fitur terjemahan yang tersedia dalam OS tertentu. Meski bisa dilakukan, membuka banyak jendela tetap saja menyusahkan.

Mengatasi hal tersebut, aplikasi perpesanan asal Rusia, Telegram menyajikan fitur yang bisa menerjemahkan beragam bahasa yang dikirimkan pada penggunanya.

"Telegram tidak hanya untuk tetap berhubungan dengan teman, tetapi juga untuk mengobrol di grup publik dan melihat konten dari channel dalam setiap bahasa. Sekarang Anda dapat menerjemahkan pesan apa pun ke dalam bahasa lain, langsung di aplikasi," tulis Telegram dalam laman resminya sebagaimana dikutip Selasa, 13 Februari 2023.

Lebih lanjut, telegram menjelaskan daftar bahasa yang disediakan tergantung pada sistem operasi yang tersedia pada ponsel penggunanya.

Untuk menggunakan, pengguna perlu mengaktifkan fitur ini lebih dulu. Masuk ke aplikasi Telegram, lalu klik Settings, kemudian pilih Language, lanjutkan dengan geser tombol pada pilihan Translate.

Tambahan informasi, pengguna juga bisa mengecualikan bahasa apapun yang diinginkan. Caranya dengan menyembunyikan tombol terjemahan pada pesan itu.

Saat ini, fitur terjemahan  tersedia pada semua ponsel Android yang mendukung Telegram. Sementara untuk perangkat Apple harus menggunakan iOS 15 atau lebih baru.

Translate tersedia untuk pengguna Telegram gratis dan berbayar. Untuk pengguna gratis terjemahan hanya bisa dilakukan dengan menekan satu per satu pesan.

Sementara itu, pelanggan premium bisa menerjemahkan semua pesan dalam chat sekaligus.

Lebih rinci, pengguna gratis bisa menerjemahkan chat dengan klik pada pesan lalu tekan tombol translate. Sementara pelanggan berbayar bisa menemukan tombol terjemahan berada di bagian atas layar. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 15 Feb 2023