Simak, Ternyata Belajar Sambil Mendengar Lagu Tidak Bermanfaat

Rabu, 30 Agustus 2023 18:19 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

Photo by Tranmautritam: https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-black-sleeveless-shirt-sitting-at-brown-table-92331/
Photo by Tranmautritam: https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-black-sleeveless-shirt-sitting-at-brown-table-92331/

AUSTIN - Walaupun dengan mendengarkan lagu suasana belajar menjadi lebih menyenangkan, ternyata para ilmuwan dari Texas A&M University menyatakan pendapat lain. Padahal selama ini banyak yang meyakini belajar sambil mendengarkan lagu sudah lama dipercaya dapat membantu menciptakan suasana belajar yang membantu meningkatkan konsentrasi. 

Melansir situs resmi Texas A&M University, Minggu 27 Agustus 2023, psikolog kognitif, Brian Anderson, menyebutkan belajar sambil mendengarkan lagu justru lebih mengganggu daripada memberi manfaat. Anderson mengatakan perilaku multitasking tidak baik untuk proses belajar. Hal tersebut karena fokus manusia pada suatu hal memiliki keterbatasan. 

Jadi ketika seseorang melakukan dua hal pada saat yang bersamaan, yang dalam konteks ini adalah belajar sambil mendengarkan lagu, hal tersebut akan berakibat pada kurang optimalnya penyerapan informasi. “Akan ada dampaknya terhadap seberapa banyak informasi yang dapat Anda simpan saat melakukan kedua aktivitas tersebut,” sebut Anderson.

Anderson menjelaskan, manusia akan lebih mudah mengingat informasi ketika memiliki kondisi yang sama saat suatu materi dipelajari. Sehingga untuk belajar terlebih untuk mempersiapkan ujian, sebaiknya ketika belajar juga harus meniru kondisi ketika ujian berlangsung. 

Namun untuk seseorang yang sudah membiasakan belajar sambil mendengarkan lagu, seorang ahli saraf kognitif dari Departemen Psikologi & Ilmu Otak, Steven Smith, memberikan solusinya. Smith menjelaskan lagu yang disarankan adalah yang memiliki kata-kata yang sedikit. “Atau kalau ada kata-katanya, usahakan yang tidak dimengerti,” sebut Smith.

Selain itu, Smith juga menyarankan mendengarkan lagu yang sudah pernah didengarkan sebelumnya. Hal tersebut karena Smith menyebutkan mendengarkan musik yang baru akan memberikan gangguan. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 30 Aug 2023