Ratusan Atlet Sepeda Ikuti Tour de Borobudur Tempuh Jarak 138 kilometer

Sabtu, 05 November 2022 17:27 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

borobudur sepeda.jpg
Gubernur Jateng Ganjar (kiri) Lepas Ratusan Pesepeda Ajang Tour de Borobudur 2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (5/11). (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Solo, Jatengaja.com - Ratusan atlet sepeda dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri mengikuti ajang Tour de Borobudur menempuh jarak 138 kilometer.

Para pembalap sepeda tersebut menempuh rute Tour de Borobudur dengan jalur menantang yakni Solo-Boyolali-Selo-Salatiga-Solo.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengibarkan bendera start melepas peserta Tour de Borobudur dilakukan Stadion Manahan, Solo, Sabtu 5 November 2022.

Menurut Ganjar dipilih Solo sebagai start dan finish untuk race pertamaTour de Borobudur karena tempat yang sangat menantang untuk para atlet serta pemandangan sangat indah.

Para peserta juga akan dimanjakan dengan suasana desa dan bisa berinteraksi dengan masyarakat secara langsung.

“Mudah-mudahan bapak ibu bisa menikmati situasi yang sangat indah. Selamat berjuang, saya di belakangmu,” ujar Ganjar usai mengibaskan bendera start tanda dimulainya race.

Melalui ajang Tour de Borobudur 2022 selain mensupport dari sisi olahraga juga mendukung pariwisata karena di tiap titik hentinya, masyarakat dan desa setempat bisa terlibat langsung.

“Di beberapa tempat karena kita kerja sama dengan beberapa desa dan itu akan menjadi satu ornamen dari suasana Tour de Borobudur hari ini,” ujar Ganjar.

Peserta asal Tegal, Novia Puspita Wardhani menyatakan rute Tour de Borobudur 2022 mirip dengan rute menuju Gunung Bromo.  “Senang yang penting bonus fotone sama ketemu Pak Ganjar,” katanya.

Sedangkan peserta asal Kudus, Anto menyatakan senang dengan rute Tour de Borobudrur 2022 lebih menantang serta disuguhi pemandangan alam dan udara yang sejuk. “Sudah pernah ikut tahun 2019, tapi lebih asyik tahun ini,” ujarnya. (-)