Polda Jateng Sekarang Miliki Direktorat Reserse Kriminal Siber

Rabu, 25 September 2024 22:28 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

Jabtan baru polda jateng.jpg
Polda Jateng Sekarang Miliki Direktorat Reserse Kriminal Siber yang dipimpin Kombes Pol. Himawan Sutanto Saragih (kiri). (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) sekarang memiliki direktorat baru untuk menangani kejahatan siber yakni Direktorat Reserse Kriminal Siber (Dirressiber).

Dipercaya sebagai Direktur Reserse Kriminal Siber (Dirressiber) Polda Jateng, Kombes Pol. Himawan Sutanto Saragih yang sebelumnya sebagai Dirpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Upacara pelantikan Dirressiber Polda Jateng dilakukan Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ribut Hari Wibowo Mapolda Jateng di ruang kerjanya di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Rabu 25 September 2024.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng melakukan serah terima jabatan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jateng dari Kombes Pol Dwi Subagio kepada Kombes Pol Arif Budiman.

Kombes Pol. Arif  Budiman sebelumnya bertugas sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pembinaan Karier SSDM Polri.

Kegiatan sertijab digelar berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1608/IX/2024 dan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2098/IX/2024, yang mengatur tentang pengukuhan pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ribut Hari Wibowo dalam amanatnya menekankan pentingnya efisiensi dan efektivitas dalam bekerja yang dapat menjawab harapan masyarakat terhadap kinerja Polri

“Organisasi Polri harus semakin ramping dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, baik dari segi struktur maupun budaya kerja.” katanya. 

Kepada para pejabat baru yang dilantik, Kapolda Jateng meminta agar senantiasa melakukan perbaikan diri untuk menciptakan budaya kerja yang lebih baik, karena masyarakat menanti hasil kerja Polri.

“Saya minta para pejabat segera menyesuaikan diri dengan amanah yang diberikan serta responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Ribut menambahkan, pelaksanaan Operasi Mantap Praja Candi 2024 menjadi ujian bagi soliditas dan kesiapsiagaan seluruh personel Polda Jateng dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Saya ingin Jawa Tengah guyub dan rukun. Mari kita hindari hal-hal yang tidak penting dan fokus pada tugas pokok kita, demi terciptanya kondisi yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi dan kontribusinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Polda Jateng. 

“Saya sangat terbantu dengan loyalitas, tanggung jawab, dan produktivitas yang ditunjukkan oleh Kombes Pol Dwi Subagio. Semoga proses pengabdian ini terus menghiasi lembaran karier Saudara,” tutupnya.

Sementara, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol. Artanto menyatakan, pelaksanaan sertijab ini merupakan bagian dari dinamika organisasi Polri yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. 

“Mutasi adalah bagian dari Tout of Duty dan Tour of Area, harapannya tercipta efisiensi, efektivitas, dan profesionalisme harus menjadi prioritas dalam menjalankan tugas, khususnya dalam pengamanan Pilkada serentak agar dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif tanpa adanya gangguan keamanan maupun ketertiban,” ujar Kombes Pol Artanto. (-)