Penanganan Jangka Pendek, Tanggul Laut yang Jebol Ditutup

Selasa, 24 Mei 2022 17:56 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

24 mei tanggul.jpeg
Gubernur Jateng dan jajaran memeriksa tanggul di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Selasa (24/5/2022). (dok/Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melakukan penanganan jangka pendek pada tanggul laut yang jebol

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, selain sumber luberan pada tanggul jebol, penanganan rob tinggi di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga dilakukan pada titik-titik lain yang berpotensi terjadi luberan air pasang. 

"Kalau jangka pendek, beberapa tanggul yang kemarin jebol kita cari. Karena sebenarnya kalau menutup itu jauh lebih cepat," kata Ganjar saat meninjau lokasi terdampak rob di Kampung Ujung Laut, RT 01/RW 01, Kelurahan Bandarharjo, Kota Semarang, Selasa (24/5/2022).

Di Kampung Ujung Laut itu, gubernur meminta agar membuat tanggul di antara PT Janata Marina Indah dengan PT Optima Sinergi Comvestama. Sebab di tempat itu terdapat titik luapan air laut.  

"Ini ketemu masyarakat, ini teman saya, dia tahu di daerah sini ternyata kemarin coba kita tutup jebolnya di sana, agak panjang. Tapi kalau kita lihat titiknya ternyata di sini lebih dekat. tanahnya sudah ada, ini tinggal dikeruk. Maka saya minta dikerjakan sebelum jam 1 karena hari ini kemungkinan akan naik lagi. Kalau ini bisa kita cegah hari ini insyaallah di sana bisa terkendali," katanya.

Gubernur juga melihat kondisi tembok penahan yang jebol di kawasan PT Pinnacle Apparels. Ganjar bersama rombongan BBWS, Dinas PSDA, dan Pelindo menuju lokasi menggunakan kapal karet milik Basarnas. Kemudian berlanjut menuju ke dermaga Tambaklorok.

Pemantauan tersebut juga untuk mengetahui titik-titik kebocoran air pasang di sepanjang wilayah Pantura. Dia berharap ada gambar dari udara sehingga diketahui koordinat titik yang mengalami kebocoran.

Dijelaskan, untuk penanganan jangka panjang sudah ada beberapa penanggulangan yang dilakukan. Misalnya di Pekalongan ada tanggul laut yang masih berjalan. Lalu di sekitar Semarang-Demak ada tol yang sedang dikerjakan termasuk sebagai penahan rob. (-)