Pemkab Temanggung Luncurkan Loket Desa Permata, Warga Buat KTP Cukup di Desa

Kamis, 03 Agustus 2023 22:14 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

desa permata.jpg
Pemkab Temanggung Luncur Loket Desa Permata, Warga Buat KTP Hingga Akta Kematian Cukup di Desa

Temanggung, Jatengaja.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung meluncurkan Loket Desa Permata untuk pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan cukup di desa.

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menyatakan, keberadaan Loket Desa Permata sudah tersebar di seluruh wilayah yakni 289 desa/kelurahan. 

“Loket Desa Permata merupakan loket layanan dokumen kependudukan secara online, baik pembuatan KTP, akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, dan sebagainya,” katanya saat meluncurkan Loket Desa Permata, di Graha Bhumi Phala, Komplek Kantor Bupati Temanggung, Rabu 2 Agustus 2023 dilansir dari jatengprov.go.id.

Dengan diluncurkannya loket tersebut, maka masyarakat Kabupaten Temanggung tidak perlu lagi mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil), untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan, tapi cukup di desa masing-masing.

Sementara, Kepala Dindukcapil Temanggung, Bagus Pinuntun menuturkan, dengan peluncuran Loket Desa Permata, masyarakat dapat langsung mengurus dokumen dokumen adminstrasi di kantor desa dengan response time yang sama, yakni 15 menit pada satu kali pelayanan.

“Adanya Loket Desa Permata, ke depan masyrakat tidak ada lagi orang yang datang ke Kantor Dindukcapil, karena semuanya nanti lewat aplikasi IKD (Identitas Kependudukan Digital). Nantinya desa betul-betul menjadi ujung tombak,” ujarnya.

Bagus menambahkan, pihaknya sudah menyelenggarakan program jemput bola mulai Mei hingga akhir Juli 2023 pada lima kecamatan di Kabupaten Temanggung, yaitu Kecamatan Kranggan, Kaloran, Pringsurat, Tlogomulyo, dan Kandangan. 

“Ternyata program tersebut disambut baik oleh perangkat desa terkait,” tandasnya.

Dindukcapil Temanggung juga memberikan penghargaan kepada empat desa dengan tiga kategori berbeda, yaitu kategori Pemenuhan Target Cakupan Akta Kelahiran yang diberikan kepada Desa Keblukan (Kecamatan Kaloran) dan Desa Blimbing (Kecamatan Kandangan). 

Penghargaan Kategori Akta Kelahiran terbanyak diserahkan kepada Desa Pagersari (Kecamatan Tlogomulyo) dengan 1.430 dokumen, serta Kategori Desa dengan respon tercepat yaitu Desa Sriwingu (Kecamatan Tlogomulyo). (-)