Marak Isu Penculikan Anak, Ganjar Perintahkan Dinas Sebar Nomor Kontak ke Masyarakat

Selasa, 31 Januari 2023 15:10 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

ganjar-kekerasan.jpg
Marak Isu Penculikan Anak, Ganjar Perintahkan Dinas Sebar Nomor Kontak ke Masyarakat (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov )

Semarang, Jatengaja.com - Guna menanggapi maraknya isu penculikan anak, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memerintahkan semua dinas mengaktifkan dan mensosialisasikan nomor kontak. 

“Saya perintahkan semua dinas pemerintah menyebar nomor kontak agar memudahkan masyarakat mengakses untuk melapor kalau ada kasus dan isu penculikan anak,” katanya, Selasa (31/1).

Menurut Ganjar dirinya banyak mendapat pesan melalui WhatsApp (WA) dari masyarakat yang merasa resah dengan adanya  isu penculikan anak di beberapa daerah.

“Banyak WA masuk ke saya seolah menjadi gawat. Tapi ini menjadi perhatian serius pemerintah . Orang bisa melakukan tindakan kriminal penculikan anak, trafficking, jadi kita mesti peduli,” tandasnya.

Kepada masyarakat, Gubernur Jateng meminta agar tidak panik merespon isu maraknya penculikan anak tersebut dan mengajak para orangtua supaya lebih peduli dan sayang kepada anak. 

Bila mendapatkan isu tentang penculikan anak dan sebagainya, masyarakat supaya melaporkan kepada aparat kepolisian terdekat atau dinas terkait. 

“Terpenting keluarga mesti menjaga dan meyangani anak-anaknya agar tidak sampai menjadi korban penculikan,” katanya.

Ganjar menambahkan, rasa peduli dan sayang bukan hanya kepada anak sendiri, melainkan kepada semua anak yang ada di sekitar.

“Semua pihak memiliki kewajiban untuk melindungi anak-anak. Siapapun, kalau ada anak kecil kita harus merasa bahwa itu anak kita,” harapnya.

Sementara,  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jateng telah lama membuka care center untuk pendampingan pada perempuan dan anak. 

Kontak yang bisa dihubungi yakni pada nomor 085799664444 untuk layanan kekerasan atau konsultasi kekerasan. Selain itu juga ada layanan konsultasi keluarga pada nomor 0857999972111 atau juga bisa menghubungi nomor (024) 76632577. (-)