Jelang Pembukaan PON XXI 2024, Media Center Utama di Medan Resmi Dibuka, Ini Fasilitasnya

Senin, 09 September 2024 20:00 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

media center.jpg
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara, Ilyas Sitorus (kiri) meninjau media center utama PON XXI 2024 di Medan. (dok.ponxxi.sumurprov.go.id)

Medan, Jatengaja.com – Menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024, media center utama PON wilayah Sumatera Utara resmi dibuka dan sudah bisa digunakan bagi awak media.

Pembukaan media center utama berlokasi di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, dilakukan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara (Sumut), Ilyas Sitorus, Minggu (8/9/2024).

“Bidang Humas Publikasi dan IT Panitia Besar (PB) PON XXI Wilayah Sumut telah menyiapkan beragam fasilitas untuk mendukung kinerja wartawan mempublikasikan berita PON 2024,” ujarnya.

Dilansir dari ponxxi.sumutprov.go.id, fasilitas yang diberikan Bidang Humas Publikasi dan IT  PB PON Sumut antara lain 12 unit bus antar jemput dari media center utama ke venue, press room, studio mini, ruang broadcast, dan lain.

Selain itu juga menyediakan 20 media center pendukung media center utama yang terletak di seluruh venue di Sumut. Juga disediakan saluran informasi berupa press rilis, foto, dan video yang siap diambil dan digunakan oleh media.

“Kami terus berupaya menyalurkan informasi yang lengkap untuk masyarakat dan media, kita harapkan fasilitas yang telah disediakan ini dapat dimanfaatkan sebaiknya, inilah peran kami dalam mendukung kesuksesan PON, fasilitas yang kami berikan ini semuanya pakai APBD,” kata Ilyas.

Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tubagus Ade Lukman dalam kesempatan sama menyebut Media Center Utama PON Sumut tidak kalah dari yang ada di Asian Games 2018. 

“Kami mengapresiasi telah mengadakan media center yang bagus, tak kalah dari media center Asia Games saat Indonesia menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Lukman meminta media yang akan meliput perhelatan PON XXI  2024 agar senantiasa mengedepankan sisi positif atlet, sehingga bisa menjadi satu media pembelajaran yang sangat baik dan positif seperti Olimpiade.

Ketua Bidang Media Humas Panwasrah PON XXI Aceh-Sumut Raja Pane menyebut media center yang ada tidak kalah dengan Olimpiade 2016 dan perhelatan akbar serupa. 

Ia juga mengungkapkan akan ada kurang lebih 700-an wartawan se-Indonesia yang siap dilayani di media center tersebut.

“Saya bertaruh, saya menjamin, saya pernah meliput sea games, Olimpiade 2016, piala Eropa, tapi ini gak kalah,” kata Raja. (-)