Ada Tambahan Rp10 Juta dari Pj Gubernur, Atlet Jateng Raih Emas PON 2024 Dapat Bonus Rp260 Juta

SetyoNt - Minggu, 08 September 2024 20:33 WIB
Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana (dua dari kanan) saat mengunjungi posko kontingen PON XXI di Aceh. (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Aceh, Jatengaja.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyatakan akan memberikan tambahan bonus Rp10 juta bagi atlet peraih medali emas perorangan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut.

Dengan demikian atlet Jawa Tengah (Jateng) peraih medali emas di PON XXI 2024 total akan mendapatkan bonus Rp260 juta, karena sebelumnya Pemerintah Provinsi Jateng bakal memberikan bonus Rp250 juta.

“Sampaikan ke atlet jumlah bonus itu, biar mereka merasa harus dapat ini. Jadi menambah semangat para atlet kita mendapatkan medali emas,” kata Nana saat mengunjungi posko kontingen Jateng PON XXI/2024 Aceh dan Sumut di Hotel Hip Hope, Aceh, Sabtu (7/11/2024) malam.

Nana, yang dampingi Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, dan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng yang juga ketua kontingen PON, Agung Hariyadi menyatakan, berharap agar atlet Jateng bisa meraih prestasi bagus pada PON 2024.

Target emas diharapkan bisa didapatkan dari cabang-cabang olahraga unggulan, yang saat ini belum bertanding antara lain, taekwondo, atletik, wushu, menembak, pencak silat, dan panahan.

Meski begitu, Pj gubernur mendorong cabang olahraga lain tetap bisa meraih prestasi bagus. Oleh karena itu, mental atlet yang berani atau petarung, harus senantiasa ada atau menyala dalam diri atlet Jateng.

“Untuk atlet peraih medali emas perorangan, bakal mendapat bonus Rp250 juta dan akan ditambah Rp10 juta. Dengan demikian, atlet peraih emas bisa mendapatkan bonus Rp260 juta,” tandasnya.

Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, menyambut positif motivasi dari Pj gubernur kepada para atlet yang sedang berkompetisi pada PON Aceh dan Sumut.

“Saya kira ini positif sekali. Ini cerminan, Bapak Pj Gubernur serius mengharapkan kita bisa berprestasi. Sehingga kita melakukan evaluasi,” katanya.

Bona mengakui, cabor yang telah bertanding hingga hari itu, belum ada yang menjadi unggulan kontingennya. Ada tujuh cabor unggulan Jateng, yakni menembak, panahan, pencak silat, taekwondo, wushu, panjat tebing, dan atletik.

“Cabor yang memperoleh emas, kita akan tambahi Rp10 juta selain bonus. Kalau bonus kan kita usulkan Rp250 (juta) nantinya. Itu untuk stimulus lain, jadi perangsang agar mereka bisa berprestasi,” ujarnya.

Sebagai informasi, dari data KONI Jateng, jumlah kontingen Jateng yang diberangkatkan di PON XXI Aceh-Sumut yaitu 743 orang atlet, dan 279 orang ofisial dengan 60 cabor, serta 595 nomor pertandingan. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS