Fast Charging Membuat Ponsel Cepat Rusak, Benarkan? Simak Penjelasan Berikut

Minggu, 09 April 2023 15:49 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

Benarkah Fast Charging Justru Membuat Ponsel Cepat Rusak? Ini Penjelasannya
Benarkah Fast Charging Justru Membuat Ponsel Cepat Rusak? Ini Penjelasannya (Freepik)

Jakarta, Jatengaja.com - Berbagai merek telepon seluler (Ponsel) atau smartphone mulai mengembangkan teknologi fast charging yakni pengisian baterai cepat untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Namun,  ada kekhawatiran penggunaan fast charging malah bisa membuat ponsel menjadi cepat rusak. Benarkah hal itu bisa terjadi? Simak penjelasannya berikut ini dilansir dari trenasia.com jaringan  Jatengaja.com.

Fitur fast charging adalah teknologi yang memungkinkan ponsel mampu mengisi daya baterai dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada menggunkan metode pengisian biasa. 

Dengan adanya fast charging, pengguna dapat mengisi daya ponsel dalam hitungan menit saja dan bukan dalam waktu sekian jam. Fitur ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna yang selalu bepergian dan tidak punya waktu untuk menunggu ponsel terisi penuh.

Salah satu kekhawatiran tentang fast charging adalah menghasilkan panas. Ketika ponsel sedang diisi dayanya, maka akan menghasilkan panas, dan fast charging dapat meningkatkan panas yang dihasilkan. Panas ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan bagian internal ponsel lainnya.

Seperti yang dilansir dari laman Gizchina, sebagian besar ponsel modern memiliki sensor suhu bawaan yang mengatur suhu saat mengisi daya. Sensor inilah yang akan mencegah ponsel menjadi terlalu panas dan menyebabkan kerusakan.

Selain itu, dikhawatirkan fitur fast charging dapat mengurangi masa pakai baterai ponsel karena semakin banyak siklus pengisian yang dilalui baterai maka akan menurunkan daya yang bisa ditahan baterai dari waktu ke waktu.

Namun, jangan khawatir karena banyak merek ponsel yang telah merancang teknologi tertentu untuk mencegah hal tersebut terjadi. Teknologi ini disebut trickle charging yang dapat memperlambat kecepatan pengisian setelah baterai mencapai level tertentu. Teknik ini juga akan memastikan baterai tidak terisi daya secara berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 09 Apr 2023