Baru Dibentuk 3 Bulan, Trio Karateka Muda Jateng Sukses Sikat Emas PON XXI 2024

Kamis, 19 September 2024 06:32 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

emas karate.jpg
Trio Karateka Muda Jateng yang Sukses Sikat Emas PON XXI 2024 menerima bonus uangdari ketua umum KONI Jateng Bona Ventura. (Jatengaja.com/dok. KONI Jateng)

Medan, Jatengaja.com - Trio karateka muda Jawa Tengah (Jateng) yang baru dibentuk tiga bulan menorehkan prestasi luar biasa, dengan meraih medali emas pada ajang PON XXI 2024 Aceh dan Sumut.

Pasalnya trio karate muda Jateng yakni Detrina Sabda Nugraha, Christopher Edbert Setiabudi, dan Agyvan Rizky Pradana baru dibentuk tiga bulan menjelang pelaksanaan PON XXI 2024.

Mereka meraih medali emas nomor kata beregu putra mengungguli Banten dan Sumuatare Utara, dan DKI Jakarta pada pertandingan di GOR Serbaguna Negeri Medan (Unimed), Deli Serdang, Selasa 17 September 2024.

Sedangkan untuk nomor kata beregu putri, Jateng meraih medali perunggu, Medali emas diraih trio DKI Jakarta, dan medali perak karateka Sulawesi Selatan (Sulsel).

Jateng juga mendapat tambahan medali perunggu dari karateka Hera Irnandha pada nomor komite kelas 68 Kg putri.

Manajer karate Jateng, Bambang Wiryawan menyatakan perolehan medali emas dari nomor kata beregu putra diluar prediksi, karena mereka baru dibentuk tiga bulan sebelum  PON XXI 2024.

Target medali emas karate Jateng adalah Hera Irnandha pada nomor komite kelas 68 Kg putri, yang hanya mendapatkan medali perunggu.

“Kata beregu putra merupakan bentukan baru, kemudian kita poles ternyata hasilnya luar biasa sekali. Ini tidak diperhitungkan tim provinsi lain. Jadi di luar prediksi saya,” ujarnya.

Menurut Bambang tiga karateka yang turun dalam kata beregu yakni Detrina Sabda Nugraha, Christopher Edbert Setiabudi, Agyvan Rizky Pradana masih muda sehingga dapat tampil di PON mendatang.

“Mudah-mudahan mereka akan dipanggil masuk Pelatnas, karena tadi Sekjen Forki ikut memantau langsung,” harapnya.

Bambang menambahkan merasa bersyukur dengan perolehan satu medali emas karena sudah sesuai target yang ditetapkan dari KONI Jateng. 

“Medali emas PON XXI 2024 ini setelah menanti selama 16 tahun, karena karate meraih medali emas terakhir pada PON di Kalimantan Timur pada 2008,” tandasnya. (-)