Viral, Bayi 7 Bulan Diberi Minum Kopi Susu Saset

Sulistya - Jumat, 27 Januari 2023 21:09 WIB
Bayi 7 Bulan Diberi Minum Kopi Susu Saset: Berikut Makanan dan Minuman yang Boleh Dikonsumsi Bayi Usia 7 Bulan Menurut Ahli (Pexels)

Jakarta, Jatengaja.com - Media sosial TikTok dihebohkan adanya video seorang ibu memberikan minuman saset instan jenis kopi susu kepada anaknya yang baru berusia 7 bulan.

Kasus ini menuai banyak komentar tak hanya dari warganet tetapi juga dari Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan penelusuran berbagai sumber motif yang melatarbelakangi sang ibu memberi minum kopi susu ini adalah karena ia berpendapat bahwa kopi susu lebih baik ketimbang kental manis. Menurutnya kopi susu benar benar mengandung susu sementara susu kental manis tidak. Banyak pihak yang menyayangkan pola pengasuhan sang ibu kepada bayi tersebut.

Lalu bagaimana sebenarnya tahap perkembangan bayi berusia 7 bulan dan makanan apa yang aman dikonsumsi untuk bayi di usia ini? Berikut analisanya seperti dikutip dari www.trenasia.com,

Tahap Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Dilansir dari website rising children, pada usia 7-8 bulan bayi mungkin sudah mengeksplorasi objek, mengoceh, merangkak, berguling, dan masih banyak lagi. Pembelajaran yang baik untuk perkembangan bayi di antaranya adalah mengajaknya berbicara, mendengarkan, bernyanyi, membaca, bermain dan mencoba makanan baru.

Di usia ini bayi mulai mencari cara untuk belajar hal yang lebih banyak tentang dunia mereka contohnya adalah dengan melihat objek benda dengan lebih dekat, melihat barang barang yang mereka jatuhkan, dan mencoba mencari mainan yang disembunyikan. Bayi di usia ini juga suka meletakkan benda benda di mulut mereka.

Makanan Terbaik untuk Bayi Usia 7 Bulan

Di usia menginjak 7 bulan, ASI masih menjadi makanan utama bayi namun agar nutrisi dapat terpenuhi dengan baik, Ibu juga harus memahami aturan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).

Dilansir dari baby center Ibu bisa mengolah makanan dengan tekstur halus tetapi lebih kental untuk melatih kemampuan makan dan mengunyah makanan pada bayi. Pilihan makanan yang Ibu gunakan pada MPASI untuk bayi 7 bulan diantaranya adalah:

  1. Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan
  2. Makanan bertepung seperti roti, nasi, pasta, dan kentang
  3. Daging merah, daging ayam, ikan, dan telur sebagai sumber protein
  4. Susu dan produk olahannya

Minuman Terbaik untuk Bayi Usia 7 Bulan

Adapun pilihan minuman yang dapat diberikan kepada bayi usia 7 bulan diantaranya:

  1. Air putih murni tanpa ada tambahan pemanis atau tambahan lainnya,
  2. Beragam jus buah-buahan atau sayuran tanpa pengawet buatan
  3. Susu olahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung pertumbuhan otak dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai tahap perkembangan dan makanan minuman yang aman dikonsumis untuk bayi berusia 7 bulan. Semoga bermanfaat!. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS