Taman MT Haryono Tambah Ruang Publik Kota Semarang

Sulistya - Sabtu, 15 Januari 2022 18:59 WIB
Taman MT Haryono mulai dibuka untuk umum (Jatengaja.com/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Kota Semarang kembali menambah ruang publik melalui diresmikannya Taman MT Haryono. Taman dengan luas sekitar 205 M2 di Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur itu, mulai dibuka untuk umum.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan, pembangunan taman sebagai bentuk penghargaan kepada pahlawan bangsa.

“Bangsa yang besar adalah yang menghargai para pahlawan. Kebetulan ada pihak ketiga berkenan membuatkan patung yang selaras dengan nama jalannya, maka kemudian di sini dibuatlah patung MT Haryono karena memang ruas jalan di sini adalah ruas jalan MT Haryono,” tutur Hendi, sapaan Wali Kota Semarang dalam siaran persnya.

Dikatakan, Taman MT Haryono merupakan salah satu representasi konsep pembangunan bergerak bersama yang diusung karena dibangun melalui program CSR.

Wali Kota Semarang menegaskan, pihaknya ingin menciptakan banyak tempat publik agar masyarakat memiliki banyak pilihan, sebagai tempat bersilaturahim dan hal-hal yang positif lainnya.

“Nantinya taman ini bisa digunakan masyarakat untuk cangkrukan, masyarakat dapat bersosialisasi sekaligus membuat wajah kota cantik dan indah,” katanya.

Menurutnya, cukup banyak taman yang dibangun dengan kerja sama pihak swasta. Selain Taman MT Haryono, ada juga beberapa taman lain di Kota Semarang yang dibangun atas kerja sama dengan pihak swasta yaitu Taman Indonesia Kaya, Taman Piere Tendean, dan Taman Parkour yang baru saja dilakukan groundbreaking.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Semarang, Ali menambahkan, ke depan akan menambah beberapa patung yang disesuaikan dengan jalan yang ada, satu di antaranya di Jalan Dr Cipto. Saat ini, pihaknya sedang melakukan negosiasi dengan pihak ketiga. "Mudah-mudahan terlaksana. Tidak sepenuhnya CSR, ada Pemkot juga yang mendanai," tutur Ali.

Adapun Prasetyo Adi selaku perwakilan keluarga MT Haryono mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemerintah Kota Semarang.

"Atas nama keluarga besar Mas Tirto Dharmo Haryono, Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkot Semarang, Pak Hendi terutama dan CSR dalam hal ini PO Hotel Group yang telah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada keluarga besar MT Haryono," tutur Adi.

Dirinya berharap generasi muda mengenal siapa sosok MT Haryono dan kemudian berusaha untuk mempertahankan ideologi Pancasila sebagai ideologi nomor satu di Indonesia. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS