Suhu di Arab Saudi Capai 40 Derajat Celsius, Menag Imbau Jemaah Haji Minta Jaga Kesehatan

SetyoNt - Kamis, 09 Mei 2024 14:11 WIB
Mengeri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas imbau Jemaah Haji Diminta Jaga Kesehatan (istimewa)

Makkah, Jatengaja.com - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengimbau calon jemaah haji Indonesia 1455 Hijriyah/2024 diminta menjaga kesehatan, karena diperkirakan cuaca, Arab Saudi sangat panas.

Menurut Menag cuaca di Tanah Suci, Arab Saudi sangat panas. Saat ini diperkirakan suhunya mencapai 40 derajat celsius. Bahkan pada puncak haji bisa menacapai 50 derajat celsius.

“Cuaca sangat panas. Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan suhu di Arab Saudi pada puncak haji mendatang sushunya bisa mencapai 48 derajat celsius hingga 50 derajat celsius,” kata Menag saat meninjau kesiapan ibadah haji di Makkah, Selasa 7 Mei 2024 dilansir dari kemenag.go.id.

Sesuai jadwal di Kementerian Agama (Kemenag) calon jemaah haji Indonesia akan mulai berangkat ke Tanah Suci, Arab Saudi pada 12 Mei 2024.

Menag mengecek kesiapan hotel, bus, dan dapur katering jemaah haji di Makkah. Serta pengecekan akhir kesiapan sejumlah layanan yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia.

Ikut mendampingi, Staf Khusus Menag bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, Staf Khusus Menag bidang Hukum Abdul Qodir, Konjen RI di Jeddah Yusron Baha'uddin Ambary, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam, Kadaker Makkah Khalilurrahman, Kadaker Madinah Ali Machzumi, Kabid Akomodasi Zaenal Muttaqin, dan Kabid Transportasi Mujib Roni.

Menag Yaqut mengimbau jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya. Sebab, haji merupakan ibadah fisik. Jemaah diimbau untuk cukup istirahat jelang keberangkatan ke Arab Saudi.

“Saya minta jemaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji ini ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlau diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina,” ujarnya.

Gus Men, panggilan akrab Menag menambahkan Kemenag sudah menyiapkan para petugas dengan Kemenkes yang akan terus melayani jemaah haji Indonesia selama 24 jam.

“Jemaah jangan ragu menyampaikan hal apa pun, termasuk kondisi kesehatan kepada para petugas,” harapnya.

Sejumlah ikhtiar menjaga kesehatan jemaah haji telah dilakukan Kemeng untuk penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Sejak awal telah menetapkan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji.

Selain itu, Kemenag juga telah merilis Senam Haji diisi gerakan sederhana yang diciptakan oleh para pakar senam sehat yang profesional pada bidangnya.

Tujuannya, agar gerakan ini bisa dilakukan oleh seluruh jemaah haji Indonesia, termasuk mereka yang tergolong lanjut usia. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS