Ruspito Nugroho Dilantik Jadi Direktur Kepatuhan BPR Arto Moro

Sulistya - Kamis, 24 November 2022 10:37 WIB
Komisaris Utama sekaligus Pemegang Saham Pengendali (PSP) BPR Arto Moro, Subyakto bersama pemegang saham, komisaris, direksi, pejabat eksekutif dan koordinator PT BPR Arto Moro berfoto seusai acara pelantikan Ruspito Nugroho sebagai Direktur BPR Arto Moro.

Semarang, Jatengaja.com - Memasuki akhir semester II-2022, kinerja perbankan mampu menunjukkan kinerja yang impresif. Bank Indonesia (BI) mencatat fungsi intermediasi perbankan tetap mencatatkan tren perbaikan dan mendukung pemulihan ekonomi.

Pertumbuhan kredit pada September 2022 tercatat sebesar 11,00% secara tahunan alias year on year (YoY) sedangkan total dana simpanan masyarakat pada September 2022 tumbuh 6,77 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp7.647 triliun.

Tren peningkatan kinerja di antaranya juga dicatatkan oleh BPR Arto Moro. Hingga Oktober 2022, BPR Arto Moro berhasil menghimpun simpanan sebesar Rp 436 miliar atau naik sebesar 60% dibandingkan tahun sebelumnya. Kinerja kredit BPR Arto Moro juga mencatatkan peningkatan signifikan dimana per Oktober 2022 naik sebesar 64% menjadi Rp 492 Miliar.

Atas kinerja penghimpunan dana simpanan masyarakat dan performa kredit yang tumbuh signifikan tersebut, aset BPR Arto Moro pada Oktober 2022 tumbuh signifikan mencapai 80% (yoy) menjadi sebesar Rp 835 Miliar.

Guna menguatkan kinerja menjelang tahun 2023, BPR Arto Moro melantik dan mengambil sumpah Direktur Kepatuhan, Ruspito Nugroho, menggantikan Eka Andika Latif SE MM yang telah purna tugas.

Dihadiri oleh pemegang saham, komisaris, direksi, pejabat eksekutif, dan seluruh karyawan, pelantikan Direktur dilakukan di kantor pusat BPR Arto Moro, Jl. Elang Raya No. 99, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang dengan dipimpin langsung Komisaris Utama sekaligus Pemegang Saham Pengendali (PSP) BPR Arto Moro, Dr H Subyakto SH MH MM.

Dengan dilantiknya Ruspito Nugroho sebagai Direktur, maka BPR Arto Moro telah memiliki komposisi Direksi yang lengkap, terdiri dari Darmawan, S.Sos sebagai Direktur Utama dan Ruspito Nugroho sebagai Direktur yang membawahkan fungsi Kepatutan.

Salah satu rangkaian acara dalam prosesi serah terima dan pelantikan tersebut adalah penyerahan bendera dan panji-panji BPR Arto Moro dari Komisaris Utama kepada Direktur Utama yang melambangkan penyerahan mandat kepemimpinan serta bendera dari Direktur yang melambangkan penyerahan estafet kepemimpinan. Sebelumnya, juga dilakukan pengucapan sumpah jabatan dan penandatangan Pakta Integritas Direktur Dalam Pakta Integritas tersebut termaktub komitmen, ikrar, janji, tekad dan kesanggupan Direktur Utama untuk melaksanakan tugas dan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Kompsisi Lengkap

Dalam sambutannya, Pemegang Saham Pengendali sekaligus Komisaris Utama PT BPR Arto Moro, Dr H Subyakto SH MH MM mengatakan, dengan telah lengkapnya komposisi direksi PT BPR Arto Moro maka diharap perusahaan dapat lebih bergerak cepat mewujudkan target-taget yang telah ditetapkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB).

“Kami harapkan, di bawah kepemimpinan saudara Darmawan dan Ruspito Nugroho, BPR Arto Moro akan semakin tumbuh menjadi BPR terdepan dan terbaik di kota Semarang dan Jawa Tengah. Tidak ada waktu untuk bulan madu. Performa dan kinerja harus langsung dipacu sejak hari pertama,” kata Subyakto.

Subyakto mengatakan bahwa Dewan Komisaris akan membantu sekaligus memantau kinerja Direksi sehingga akan diharapkan tercipta sinergi positif dengan semua komponen dan stakeholder.

“Semua komponen perusahaan, di bawah arahan dan pimpinan Direksi harus bekerja keras, cerdas dan jujur sehingga semua yang telah dicanangkan dapat berjalan dengan baik,” tutur Subyakto.

Ruspito Nugroho sebagai pihak yang diberikan mandat dan amanah sebagai Direktur dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya bersyukur dan siap untuk membawa BPR Arto Moro menjadi BPR yang lebih baik lagi. Ruspito Nugroho mengatakan bahwa target pertamanya adalah pada awal tahun 2023 membawa BPR Arto Moro meraih aset sebesar Rp 1 triliun.

“Amanah ini merupakan karunia sekaligus tantangan. Saya akan bekerja sebaik mungkin membawa BPR Arto Moro mencapai aset 1 triliun pada 100 hari pertama saya sebagai Direktur. Sebagai Direktur Kepatuhan, saya juga akan memastikan bahwa semua peraturan dan ketentuan otoritas telah dilaksanakan dengan baik,” ujar Ruspito Nugroho.

Dikatakan, dengan teamwork yang sudah teruji selama ini, serta sinergitas antar segenap komponen perusahaan, bendera dan panji-panji BPR Arto Moro akan terus berkibar dan semakin membawa kebermanfaatan dan kesejahteraan bagi masyarakat luas. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS