Qoriah Indonesia, Nuriah Raih Peringkat III MTQ Internasional di Iran

SetyoNt - Senin, 26 Februari 2024 16:08 WIB
Qoriah Indonesia, Nuriah Raih Peringkat III MTQ Internasional di Iran (Jatengaja.com/dok.kemenag.go.id)

Jakarta, Jatengaja.com - Qoriah Indonesia asal Kalimantan Selatan, Nuriah Jurian Arga meraih peringkat ketiga pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-40.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits Kementerian Agama (Kemenag), Rijal Ahmad Rangkuty menyatakan, bersyukur atas torehan prestasi yang diraih Nuriah Jurian Arga.

Terlebih lagi ajang MTQ Internasional ke-40 yang digelar di Teheran, Iran pada 15 - 21 Februari 2024 merupakan gelaran yang sangat bergengsi.

“Kami menyambut dengan bahagia, bangga atas prestasi yang diraih Nuriah pada MTQ Internasional ke-40 di Iran. Karena kita tahu MTQ Internasional di Iran adalah gelaran yang sangat kompetitif dan sudah berjalan cukup lama,” kata Rijal di Jakarta dilansir kemenag.go.id, Senin (24/2/2024).

Untuk sampai ke MTQ Internasional di Iran, lanjutaia, Nuriah harus melalui sejumlah tahapan, mulai babak penyisihan secara daring pada September dan Desember 2023, hingga fase final yang digelar secara langsung di Teheran.

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Nasional memiliki penilaian dengan melihat siapa kompetitor dan kecenderungan penilaian. Nuriah memiliki kriteria dan standardisasi tersebut

“Nuriah memiliki dua hal, yakni juara MTQ Nasional di Kalsel tahun 2022 dan memiliki kriteria dengan standardisasi yang tinggi,” ujarnya.

Rijal berharap, prestasi Nuriah dapat memacu anak bangsa lainnya untuk meraih prestasi di bidang Tilawatil Qur’an. Prestasi tersebut dapat dipertahankan, bahkan bisa ditingkatkan dengan mencetak para hafiz hafizah lainnya di kancah Internasional.

“Kita berharap, ke depan, anak-anak bangsa ini bisa termotivasi menggapai prestasi yang lebih dari saat ini. Kita berharap akan hadir juara-juara baru yang berasal dari penyelenggaran MTQ di Indonesia,” ujarnya.

Dalam perhelatan MTQ Internasional ke-40 di Teheran Iran, Indonesia juga mengirimkan perwakilan untuk cabang tilawah putra, Khadar Raswadi Rasyid, utusan LPTQ DKI Jakarta. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS