Proses Pendinginan Kebakaran di TPA Jatibarang Butuh Waktu Seminggu

Sulistya - Rabu, 20 September 2023 20:02 WIB
Api yang membakar tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang, sudah padam. Namun demikian, kemungkinan masih ada sisa bara api yang harus diantisipasi. (dok/jatengprov.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Api yang membakar tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang, sudah padam. Namun demikian, kemungkinan masih ada sisa bara api yang harus diantisipasi.

Dikhawatirkan, bisa menimbulkan kebakaran lagi, mengingat tumpukan sampah itu juga mengandung gas metana. Menurut Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, proses pendinginan lokasi bekas kebakaran TPA Jatibarang membutuhkan waktu, setidaknya satu minggu.

“Prosesnya pemadaman luar biasa, sehingga sampai pukul 04.00 WIB. Saya melihat tinggal titik-titik api kecil, pasti masih ada bara-bara api. Tadi malam, Pak Kepala Dinas Damkar (Pemadam Kebakaran) menyampaikan, proses pendinginan kemungkinan sekitar satu minggu,” kata Ita, sapaan akrabnya dalam keterangan persnya, dikutip Rabu (20/9/2023).

Ita meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang untuk membuat tenda, sehingga petugas Damkar yang berjaga bisa memanfaatkannya untuk beristirahat, serta membuat dapur umum.

“Kemarin begitu mendengar (kebakaran), saya minta 10 armada dari Dinas Damkar. Kami telpon BUMN, saling bahu membahu, sehingga semalam ada 19 mobil pemadam kebaran ditambah truk tangki dari berbagai instansi,” ucapnya.

Sebagai informasi, kebakaran di kawasan TPA Jatibarang terjadi pada Senin (18/9/2023) siang, dengan titik api pertama kali muncul di bekas TPA di bagian atas, yang merembet ke bagian bawah.

Belum diketahui pemicu munculnya api di TPA yang sudah ditutup tersebut, namun angin kencang mengakibatkan api cepat merembet ke area di kawasan tumpukan sampah tersebut. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS