Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Purwodari-Blora Sepanjang 65 Km

SetyoNt - Selasa, 23 Januari 2024 17:42 WIB
Presiden Jokowi (tiga dari kanan) meresmikan jalan Inpres jalan daerah ruas Purwodadi-Wirosari-Blora, (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Blora, Jatengaja.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Inpres jalan daerah ruas Purwodadi-Wirosari-Blora, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.

Ruas jalan Purwodadi-Wirosari-Blora merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Grobogan dengan Kabupaten Blora. Jalan tersebut juga sebagai jalur alternatif tengah di antara jalan pantau utara (Pantura) dan jalan pantai selatan (Pansela).

Selain ruas jalan tersebut, Presiden Jokowi yang didampingi penjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana juga meresmikan ruas Jalan Wulung-Klatak, dan Jalan Randublatung-Getas Kabupaten Blora.

Presiden Jokowi mengatakan, pada 2023 anggaran Inpres jalan daerah untuk beberapa provinsi sebesar Rp14,6 triliun. Anggaran untuk Provinsi Jateng sebesar Rp1,36 triliun untuk 40 ruas jalan sepanjang 298,8 km di berbagai daerah.

"Khusus Blora nilainya Rp257 miliar. Meliputi ruas jalan antara Purwodadi sampai ke Blora, ruas Jalan Wulung-Klatak, dan ruas Jalan Randublatung-Getas. Tadi saya sudah melihat sendiri dan jalannya sangat mulus," katanya di sela peresmian, Selasa (23/1/2024).

Menurut Presiden Jokowi, sudah bertahun-tahun Jalan Solo-Purwodadi-Blora selalu bergelombang karena tanahnya dinamis sehingga pembangunan menggunakan rigid beton bisa lebih awet.

"Tidak diaspal tetapi beton. Meskipun harganya lebih mahal tetapi kita pilih beton karena lebih awet dan panjang umurnya," tandasnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana berharap, banyaknya ruas jalan yang diresmikan akan memberikan manfaat bagi masyarakat, serta mendukung perekonomian dan transportasi.

"Kami berterimakasih kepada Presiden RI yang telah meresmikan jalan antara Blora-Purwodadi sepanjang 65 km. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Nana menambahkan, peresmian jalan tersebut telah dinantikan masyarakat Kabupaten Blora dan Grobogan, karena sangat penting bagi peningkatan perekonomian dan transportasi masyarakat. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS