Polda Jateng Tanam Ribuan Batang Pohon di Gunungpati Kota Semarang

SetyoNt - Sabtu, 19 Agustus 2023 23:21 WIB
Karo SDM Polda Jateng, Kombes Pol Yohanes Ragil Heru Susetyo (jongkok dua dari kanan) sedang menanam pohon di Gunungpati Kota Semarang. (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Polda Jawa Tengah (Jateng) melakukan penanaman sebanyak 1.050 batang pohon berbagai jenis di wilayah Desa Jatirejo Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Penanam ribuan pohon untuk selain untuk penghijauan juga sebagai wujud kepedulian Polri kepada masyarakat agar udara tetap bersih dan terhindar dari banjir.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jateng, Kombes Pol Yohanes Ragil Heru Susetyo menyatakan kegiatan penanaman pohon juga dalam rangkaian HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Penghijauan ini tidak hanya dilakukan di wilayah Semarang, pada tanggal 23 Agustus juga akan melakukan kegiatan serupa yang diikuti oleh seluruh jajaran Polres di Indonesia,” katanya di sela penanam pohon, Jumat (18/8/2023).

Menurut Karo SDM Polda Jateng alasan dipilihnya lokasi Desa Jatirejo Kecamatan Gunungpati karena merupakan daerah penyangga air di Kota Semarang.

“Penanaman pohon ini juga untuk menggugah masyarakat bahwa penghijauan sangat penting dalam rangka kelestarian alam,” ujarnya.

Sementara, Camat Gunungpati, Sabar Trimulyono mengapresiasi jajaran Polda Jateng yang memilih wilayahnya sebagai lokasi kegiatan bhakti sosial penanaman pohon.

Sabar Trimulyono menambahkan Gunungpati sebagai tempat penyangga air di mana saat musim hujan sebagai lahan konservasi terlebih Desa Jatirejo merupakan salah satu tempat khusus sebagai lahan dimana sering diadakan kegiatan pemerintah.

“Jadi kita tetap mempertahankan keasrian dan kehijauannya sebagai penyangga air kota Semarang. Terima kasih kepada kepolisian yang melakukan penghijauan,” katanya.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, mengajak masyarakat untuk ikut aktif dan peduli dengan lingkungan salah satunya dengan kegiatan penanaman pohon.

“Kegiatan penanaman pohon dilakukan untuk menciptakan lingkungan hidup yang hijau, mencegah terjadinya erosi yang dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir serta mengurangi polusi udara,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS