Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Raih 4 Proper Emas dari KLHK

SetyoNt - Selasa, 28 Desember 2021 20:42 WIB
Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Raih 4 Proper Emas dari KLHK (Jatengaja.com/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - PT. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah mencetak rekor dengan meraih empat penghargaan tertinggi Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) emas yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penyerahan penghargaan Proper dilakukan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin di Gedung II Istana Wakil Presiden RI Jakarta, Selasa (28/12).

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, menyatakan raihan Proper kategori Emas ini diperoleh Fuel Terminal Maos, Fuel Terminal Boyolali, Integrated Terminal Semarang, dan Fuel Terminal Rewulu.

“Khusus bagi FT Rewulu merupakan pencapaian yang telah dipertahankan selama sembilan tahun berturut-turut. Bagi FT Boyolali merupakan kali ketiga, bagi FT Maos pencapaian kedua, dan khusus Integrated Terminal Semarang kali pertama mendapat pencapaian emas, sehingga tahun ini menjadi rekor terbaru kami memborong empat Proper emas di antara kategori perusahaan distribusi migas lainnya,” katanya dalam rilis di Semarang, Selasa (28/12).

Menurut Brasto, Proper untuk kategori emas merupakan peringkat tertinggi bagi perusahaan yang dinilai telah berhasil meningkatkan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

Beberapa upaya pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan secara berkesinambungan di lakukan di sekitar wilayah operasi, selama dua tahun di masa pandemi Covid-19.

“Pertamina mendapat tantangan untuk tetap memberi nilai tambah serta solusi bagi ekonomi serta lingkungan desa di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Selain empat wilayah operasi tersebut, ada lima unit operasi di wilayah Jawa Bagian Tengah yang mendapatkan Proper dengan peringkat Hijau yaitu, Integrated Terminal Cilacap, Fuel Terminal Lomanis, DPPU Adi Sutjipto, DPPU Ahmad Yani, dan DPPU Adi Sumarmo.

Brasto menambahkan, Pertamina Pemasaran Region Jawa Bagian Tengah akan terus meningkatkan pengelolaan lingkungan dan memberdayakan masyarakat berkelanjutan untuk menciptakan kemandirian serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar unit operasi.

“Sehingga kami optimis di tahun depan dapat meraih peringkat proper yang lebih baik lagi,” ujar Brasto.

Pada tahun ini, Pertamina Group juga mendominasi jumlah kandidat Proper Emas yaitu 49% atau sebanyak 23 Proper Emas dari total 47 penerima Proper Emas yang diberikan KLHK pada ajang Proper 2021.

“Pencapaian ini merupakan bentuk komitmen penuh segenap insan Pertamina untuk menjadi perusahaan energi berkelas dunia yang memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya,” tandas Brasto. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS