Pemkab Wonogiri Berikan Seragam Gratis bagi Siswa SD dan SMP

Sulistya - Selasa, 17 Januari 2023 19:18 WIB
Pemkab Wonogiri menggelar Forum Komunikasi Publik membahas Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024. (dok/jatengprov.go.id)

Wonogiri, Jatengaja.com – Pemkab Wonogiri menganggarkan seragam gratis bagi siswa SD dan SMP pada tahun ini. Selain itu, juga disediakan program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi sebesar Rp10 milia.

“Kami harap anak-anak termotivasi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang tinggi dan meningkatkan angka rata-rata lama sekolah masyarakat kami,” kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Hal itu diungkapkan saat menggelar Forum Komunikasi Publik membahas Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024. Acara diadakan di Ruang Girimanik Komplek Setda Kabupaten Wonogiri, Senin, (16/1/2023).

Bupati, dalam siaran persnya menekankan pada empat permasalahan yang harus diselesaikan pada tahun anggaran 2024. Keempatnya adalah, pengentasan kemiskinan, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), penanganan stunting, dan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

Dikatakan, saat awal masa jabatannya pada tahun 2016, angka kemiskinan hampir menyentuh angka 15 persen, adapaun rumah tidak layak huni mencapai 25 ribu rumah, dan stunting ada di angka 25 persen.

“Dengan program yang kami susun sedemikian rupa, angka kemiskinan saat ini ada di angka 10 persen, RTLH tinggal 5.000 rumah, dan stunting sudah turun jauh menjadi 10 persen,” tuturnya.

Adapun terkait IPM, saat ini Pemkab Wonogiri telah menyusun program untuk mengintervensi penyelesaian masalah tersebut.

Ia optimistis, seluruh permasalahan ini akan dapat teratasi dan terselesaikan di tahun 2024.
“Dengan intervensi program yang tepat, kami yakin dan optimis, kami kejar di tahun 2024 permasalahan-permasalahan ini akan dapat terselesaikan dengan baik,” katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS