Pemerintah Daerah Diminta Fasilitasi Mudik Gratis

Sulistya - Senin, 11 April 2022 17:17 WIB
Menyambut Lebaran, Pemprov Jateng menyiapkan kegiatan mudik gratis dengan dana APBD. (dok/Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengajak para bupati dan wali kota menyiapkan dan menggandeng pihak-pihak terkait guna memfasilitasi mudik gratis.

Harapannya, kerinduan berkumpul keluarga setelah dua tahun tak bisa pulang bisa terobati.

“Yuk sodara-sodara kita yang mau mudik kita antarkan mereka ke tempat masing-masing yuk. Kita bantu mereka yuk, sehingga mereka akan bisa kembali selamat nyaman,” ujarnya usai memimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Jamkrida Jateng dan BPR BKK Jateng di Ruang Rapat Kantor Pemprov Jateng, Senin (11/4).

Gubernur meminta kepala daerah memperhatikan warga perantauan yang akan mudik. Dia mengaku banyak menerima permintaan mudik gratis kembali dilakukan.

Gubernur mengingatkan perihal pelaksanaan mudik bersama. Setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19, tahun ini pihaknya telah menyiapkan kegiatan mudik gratis dengan APBD yang terbatas.

“Ada yang menyampaikan kepada saya pak gubernur ada mudik gratis nggak, pemprov menyiapkan tapi hanya sedikit sekali bisnya,” katanya.

Menurutnya, mudik gratis tak hanya akan membangun suasana spiritualitas dan mempererat hubungan relasi keluarga di suasana lebaran saja. Di sisi lain, ekonominya akan bergerak.

“Sehingga momentum mudik juga menjadi pengungkit ekonomi. Nah saya ajak para bupati wali kota juga yuk kita openi, kita perhatikan warga kita diperantauan yang hendak mudik sambil menjaga prokes. Ini (mudik) permintaannya agak banyak, mungkin sudah kangen ya udah dua tahun,” katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS