Paus Fransiskus Bakal Datang ke Indonesia pada 3 September 2024

SetyoNt - Minggu, 31 Maret 2024 23:19 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (istimewa)

Rembang, Jatengaja.com - Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, Paus Fransiskus dijadwalkan akan datang ke Indonesia pada 3 September 2024. Ini merupakan kunjungan pertama pimpinan Vatikan tersebut.

Menurut Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas pemerintah sudah mendapatkan surat pemberitahuan resmi dari otoritas Vatikan terkait rencana kedatangan Paus Fransiskus tersebut.

“Berdasarkan isi surat dari Vatikan yang diterima pemerintah Indonesia, menyebutkan Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia,” ujar Menag Yaqut di Rembang dilansir dari kemenag.go.id.

Kedatangan pemimpin tertinggi umat Katolik ini menurut Menag, sudah dinantikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah mengirimkan surat undangan resmi pada 2022.

“Pada Juni 2022, saya mengantar surat undangan dari Presiden Jokowi kepada Paus Fransiskus," ungkap Gus Men, panggilan akrab Menag.

Setelah hampir dua tahun menunggu, Paus Fransiskus akhirnya memberikan jawaban bakal hadir mengunjungi Indonesia.

“Almadulillah, ini saya kira menjadi kado istimewa juga bagi umat Katolik khususnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Gus Men berharap, dalam kunjungannya nanti Paus Fransiskus bisa menyaksikan secara langsung keragaman dan persaudaraan antarumat beragama yang tumbuh di tengah masyarakat Indonesia.

Indonesia mampu menjaga toleransi dan perdamaian antarpemeluk agama, termasuk dengan ratusan umat agama lokal. “Kita berharap Paus Fransiskus dapat melihat keberagaman ini di Indonesia,” ujarnya.(-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS