Meningkatkan Kontribusi Perempuan dalam Pembangunan Melalui PKK

Sulistya - Selasa, 04 April 2023 13:37 WIB
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat pelantikan pengurus TP PKK masa bhakti 2022 - 2026 dan pengurus Dekranasda periode 2021 - 2026, di Ruang Lokakrida, Balai Kota Semarang. (dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com - Kaum perempuan di Kota Semarang, Jawa Tengah, diminta meningkatkan kontribusi dalam pembangunan melalui PKK. Selama ini, Tim Penggerak PKK menjadi support system Pemerintah Kota Semarang, terutama dalam mengupayakan ketahanan keluarga.

“Alhamdulillah hari ini sudah dilantik kepengurusan lengkap baik TP PKK Kota Semarang dan Dekranasda Kota Semarang. Yang sudah dilakukan di bawah kepemimpinan Bu Krisseptiana bisa dilanjutkan Ketua TP PKK yang baru,” ujar Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat pelantikan pengurus TP PKK masa bhakti 2022 - 2026 dan pengurus Dekranasda periode 2021 - 2026, di Ruang Lokakrida, Balai Kota Semarang.

Dalam kepengurusan TP PKK kali ini, Ketua TP PKK yang baru dijabat oleh laki-laki. Mbak Ita, sapaan akrabnya, optimistis hal tersebut dapat mendorong kaum laki-laki untuk lebih mengerti permasalahan yang dialami perempuan seperti KDRT dan pernikahan anak, dan berpartisipasi dalam penyelesaiannya.

Dikatakan, Dekranasda memiliki peran yang tidak kalah penting karena berperan mengajak pengusaha-pengusaha di Kota Semarang serta BUMD yang notabene bagian dari Pemerintah Kota Semarang. Dia mengimbau agar Dekranasda dapat menjadi garda terdepan dalam mendukung Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di samping mengembangkan pelaku usaha.

“Intinya program-program Pemkot akan kita dukung penuh melalui PKK dan Dekranasda. Kita akan berkolaborasi. Dekranasda mendorong peningkatan perekonomian. (Para pengusaha ini) biar tidak memikirkan perusahaannya sendiri. Karena dia sudah membuat keuntungan di Semarang, ya mari kita bareng-bareng mengingkatkan," kata Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Semarang, Alwin Basri. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS