Mau Tahu Kunci Sukses Pengusaha Dunia Bill Gates dan Elon Musk, Simak Artikel Berikut

SetyoNt - Senin, 09 Mei 2022 08:29 WIB
Ingin Sukses Seperti Bill Gates, Elon Musk, dan Jack Ma? Coba Ikuti Aturan 5 Jam Ini (Instagram.com/thisisbillgates, instagram.com/themetgalaofficial)

Jakarta, Jatengaja.com - Orang-orang sukses di dunia seperti pengusaha kelas dunia BIll Gate dan Elon Musk menghabiskan waktu luang dan liburnya dengan membaca buku. Dari membaca buku itu bisa belajar berbagai manam pengetahuan yang bermanfaat.

Diilansir dari laman Entrepreneur, seorang peneliti bernama Thomas Corley telah meneliti selama lima tahun terhdap 200 jutawan. Hasilnya menemukan kenyataan bahwa mereka tidak menonton TV, tapi memilih membaca buku.

Tercatat ada sebesar 86% seorang dalam kategori jutawan tersebut justru memilih membaca buku dengan serius atau mendengarkan audiobook selama mereka melakukan perjalanan.

Meurut pakar produktivitas Chonce Maddoc, bahwa orang sukses biasanya suka membaca buku. Rata-rata para jutawan membaca dua buku atau lebih dalam setiap bulannya.

Oleh karenanya, Chone menyarankan semua orang untuk membaca baik membaca blog, situs berita, buku fiksi dan non fiksi selama waktu senggang sehingga Anda dapat menyerap lebih banyak pengetahuan. Jika sering bepergian dengarkan audiobook atau podcast yang informatif atau mendidik.

Lantas bagaimana seorang jutawan punya waktu untuk duduk dan membaca buku, karena mereka sibuk bekerja atau memiliki keluarga, hampir tidak mungkin menemukan waktu luang.

Orang paling kaya di dunia, seperti Bill Gates, Warren Buffett, Oprah Winfrey, Elon Musk, Mark Cuban, dan Jack Ma merupakan pembaca buku yang rakus. Seperti yang dikatakan Bill Gates kepada The New York Times, membaca adalah salah satu cara utama dirinya belajar yang sudah dimulai sejak masih kecil.

Jadi bagaimana mereka menemukan waktu untuk membaca setiap hari, ternyata mereka selalu mematuhi aturan lima jam.

Aturan Lima Jam

Aturan lima jam telah diciptakan oleh Michael Simmons, pendiri Empact. Konsep aturan ini sangat sederhana, tidak peduli seberapa sibuknya orang-orang sukses, mereka selalu menghabiskan setidaknya satu jam sehari atau lima jam seminggu untuk belajar atau berlatih. Hal ini mereka lakukan ini sepanjang karier mereka.

Para pemimpin sukses telah menganut aturan lima jam ini dengan memecah aturan menjadi tiga hal, yaitu sebagai berikut.

Membaca

Jutawan termasuk Mark Cuban dan Dan Gilbert, pemilik Cleveland Cavaliers membaca antara satu dan tiga jam setiap hari. Elon Musk belajar cara membuat roket yang membuatnya memiliki SpaceX dengan membaca buku.

Membaca selalu mampu memperluas pengetahuan, menurut Jack Ma (salah satu pendiri Alibaba) mengatakan bahwa membaca dapat memberi Anda awal yang baik yang seringkali tidak diketahui rekan Anda. Bahkan jika Anda tidak dapat berkomitmen untuk membaca satu jam atau lebih setiap hari, mulailah dengan 20 hingga 30 menit. Cobalah untuk membaca buku saat menunggu rapat dimulai, di ruang tunggu dokter, dan sebagainya.

Renungkan

Aturan lima jam juga mencakup refleksi dan pemikiran. Hal ini agar apa yang Anda baca bisa Anda ambil manfaatnya.

Eksperimen

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan eksperimen cepat. Eksperimen sangat berguna apalagi jika Anda memiliki fakta, bukan hanya asumsi. Eksperimen akan menunjukkan kepada Anda apa yang berhasil dan memudahkan Anda untuk belajar dari kesalahan.

Itu tadi aturan lima jam yang bisa Anda lakukan untuk sukses seperti Elon Musk dan Bill Gates. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 08 May 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS