Maluku dan Papua, Pertumbuhan Ekonominya Tertinggi

Sulistya - Rabu, 11 Mei 2022 10:10 WIB
Pulau Maluku dan Papua di wilayah bagian timur Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Kementerian Luar Negeri RI)

Jakarta, Jatengaja.com - Pada Kuartal I-2022, pertumbuhan ekonomi pulau Maluku dan Papua sebesar 10,75% secara year on year (yoy) menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia yang pertumbuhannya tidak ada yang mencapai 6% (yoy).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono menuturkan, pertumbuhan ekonomi di pulau Maluku dan Papua pada Kuartal I-2022 cukup impresif. Mengingat, potensi ekonomi di pulau itu belum semuanya dioptimalkan untuk meningkatkan pertumbuhannya.

“Maluku dan Papua tumbuhnya cukup impresif yaitu 10,75% (yoy),” ujar Margo Yuwono dalam keterangan resminya dikutip Selasa, 10 Mei 2022.

BPS mencatat pertumbuhan ekonomi berdasarkan pulau dari yang tertinggi yakni Maluku dan Papua tumbuh sebesar 10,75% (yoy) diikuti oleh Sulawesi yang tumbuh sebesar 5,37% (yoy). Kemudian Jawa tumbuh sebesar 5,07% (yoy) diikuti oleh Sumatera yang tumbuh sebesar 4,03% (yoy). Selanjutnya ada Bali dan Nusa Tenggara yang tumbuh sebesar 3,42% (yoy) dan terakhir Kalimantan tumbuh sebesar 3,21% (yoy).

“BPS membagi pertumbuhan ekonomi berdasarkan pulau untuk mempermudah agregasi,” ujar Margo.

Sementara itu, untuk distribusi Produk Domestik Bruto (PDB) sebagian besar masih ditopang oleh Jawa yakni sebesar 57,78%, diikuti oleh Sumatera sebesar 21,96%. Kemudian Kalimantan sebesar 8,29% diikuti oleh Sulawesi sebesar 6,73% dan terakhir Maluku dan Papua sebesar 2,58%.

Dengan angka pertumbuhan ekonomi sebesar itu, kedepan potensi ekonomi di Pulau Maluku dan Papua layak menjadi perhatian pemerintah pusat. Mengingat, dari segi distribusi PDB, pulau itu masih tertinggal cukup jauh dari pulau lain di Indonesia. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Heriyanto pada 10 May 2022

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS