Libur Lebaran, Layanan Darurat 112 Kota Semarang Tetap Beroperasi

Sulistya - Minggu, 01 Mei 2022 10:10 WIB
Layanan panggilan darurat Call Centre 112 Kota Semarang tetap beroperasi 24 jam selama libur Lebaran, 29 April hingga 8 Mei. (dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com - Layanan panggilan darurat Call Centre 112 Kota Semarang tetap beroperasi 24 jam selama libur Lebaran, 29 April hingga 8 Mei mendatang. Operasional 24 jam dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan maupun masyarakat Kota Semarang maupun pemudik.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meminta sejumlah layanan publik tetap aktif melayani masyarakat.

“Terutama Call Center 112 yang sebagai pusat layanan panggilan darurat untuk dapat berkoordinasi dengan OPD dalam memberikan layanan kegawatdaruratan kepada masyarakat,” tutur Hendi, sapaan akrabnya dalam keterangan pers.

Dijelaskan, kegawatdaruratan yang ditangani melalui Call Center 112 di antaranya darurat medis, layanan ambulans hebat, darurat criminal, darurat bencana, kebakaran, kecelakaan, keamanan, dan ketertiban. Selain itu ada juga evakuasi hewan buas, pohon tumbang, konsleting listrik, hingga penemuan mayat.

Plt Kepala Diskominfo Kota Semarang, Nana Storada mengatakan, komposisi petugas Call Center 112 terdiri atas 10 operator yang dibantu OPD, Komunitas sukarelawan, dan sejumlah instansi seperti Polrestabes, PMI, PLN, dan PMI untuk penanganan di lapangan. Selama libur Lebaran, pihaknya membagi petugas jaga menjadi 4 shift.

“Hal itu kami lakukan agar aktivitas layanan darurat tetap berjalan namun di saat yang sama para petugas tetap dapat merayakan hari Raya Idul Fitri dengan baik, sehingga para petugas tetap mendapatkan jatah libur bergantian,” ujar Nana.

Perlu diketahui, layanan panggilan darurat Call Center 112 merupakan inovasi Pemerintah Kota Semarang dalam melayani kegawatdaruratan di Kota Semarang selama 24 jam. Melalui 112, masyarakat dapat melakukan pelaporan dengan cepat, mudah, dan gratis.

Dengan adanya pelayanan masyarakat yang prima dan siaga, diharapkan pemudik yang singgah di Kota Semarang dapat merasa rasa aman dan nyaman serta memiliki pengalaman mudik yang menyenangkan. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS