Libur Lebaran 2023, Jumlah Pelancong ke Jateng Menurun 28%

Sulistya - Jumat, 05 Mei 2023 17:46 WIB
Jumlah Pengunjung Menara Langit Ketep Pass Saat Libu Lebaran Sentuh Angka 4.000 Orang

Semarang, Jatengaja.com – Berbagai tempat wisata di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjadi jujugan para wisatawan selama libur Lebaran 2023. Tercatat, 3.953.914 atau mendekati 4 juta pelancong domestik bertandang ke objek wisata di Jateng.

Kabid Pemasaran Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Setyo Irawan menuturkan, jumlah itu belum termasuk wisatawan mancanegara yang angkanya meningkat hingga dua kali lipat, jika dibandingkan jumlah angka kunjungan tahun lalu.

“Jumlah wisatawan nusantara selama masa liburan Lebaran (15 April 2023) sampai hari ini, mencapai 3.953.914 orang. Itu jumlah sementara, karena masih ada kabupaten/kota yang belum menyampaikan data," katanya dalam keterangan pers.

Pada 2023, terjadi perubahan tren kunjungan wisata. Hal ini diindikasikan dengan jumlah wisatawan yang cenderung menurun, dibanding pada 2022. Dalam catatannya, pada 2022, kunjungan ke destinasi wisata mencapai 5,3 juta orang. Penurunan jumlah kunjungan wisatawan dipengaruhi beberapa hal. Antara lain euforia warga yang kini cenderung memilih bersilaturahmi ke sanak famili, ketimbang berwisata.

"Dibanding tahun lalu ada penurunan sekitar 28 persen. Faktornya, tren masyarakat sekarang yang berubah, karena akses jalan bagus, jadi memilih bersilaturahmi ke keluarga daripada berwisata," katanya.

Melihat hal ini, pihaknya akan melakukan evaluasi dengan pelaku wisata dan pengelola tempat wisata. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS