Kunjungi Brebes, Waka Polri Ingatkan Masyarakat Tak Euforia, Tetap Taati Prokes

SetyoNt - Senin, 21 Maret 2022 22:23 WIB
Waka Polri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (dua dari kiri) Ingatkan Masyarakat Tak Euforia, Tetap Taati Prokes (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Brebes, Jatengaja.com - Wakil Kepala (Waka) Polri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengingatkan kepada masyarakat agar tidak larut dalam euforia karena Covid-19 masih ada. Masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan (Prokes)

Hal ini disampaikan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono saat mengunjungi Brebes, Jawa Tengah untuk memimpin kegiatan vaksinasi Covid-19 serentak Indonesia di Pendopo Kabupaten Brebes, Senin, (21/3).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 serentak tersebut diikuti jajaran Polda dan Polres seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting. Namun, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi hadir langsung di Brebes.

“Kendati situasi penyebaran Covid-19 saat ini mulai menurun, kami harap jajaran Polri bersama TNI dan pihak pemerintah terkait agar terus memasifkan vaksinasi. Masyarakat juga jangan dulu terlalu euforia, karena Covid-19 masih ada,” kata Waka Polri.

Kendati angka kasus Covid-19 di Indonesia telah menurun, Gatot mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai terlena .

"Jangan terbawa euforia sehingga masyarakat tidak mau vaksin, tidak melaksanakan prokes untuk pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan lain sebagainya. Penerapan Prokes harus betul-betul dipatuhi oleh kita semua,” pintanya.

Jenderal polisi bintang tiga ini juga meminta agar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dipercepat serta dievaluasi kembali. Hal ini untuk meningkatkan jumlah penerima vaksin sehingga tercapai herd immunity di tengah masyarakat.

Berdasar laporan yang diterimanya dari para Kapolda di jajaran, masih ditemukan adanya masyarakat yang meninggal karena Covid-19.

“Orang yang meninggal ini ada yang komorbid, ada yang belum lengkap vaksinnya, malah ada juga yang belum divaksin," jelas Waka Polri.

Untuk itu memerintahkan pada para Kapolda dan Kapolres untuk mengecek lagi vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan hingga ke tingkat kecamatan dan desa agar target vaksinasi 70% bisa tercapai.

"Bulan depan sudah memasuki bulan Ramadan, harapan kita vaksinasi Covid-19 bisa meningkat, masyarakat bisa beribadah dengan nyaman dan bebas dari ancaman penyebaran Covid 19,” harap Gatot. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS