Kota Semarang Masuk 15 Nominator Peraih Anugerah Tinarbuka

Sulistya - Selasa, 28 Maret 2023 16:39 WIB
Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengikuti uji kepatutan Anugerah TinarBuka 2023 yang diadakan di Hotel Atria Tangerang, Banten pada Senin (27/3). (dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Kota Semarang menjadi satu-satunya kota / kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang masuk dalam 15 nominator peraih Anugerah Tinarbuka yang digelar oleh Komisi Informasi Pusat.

Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengikuti uji kepatutan Anugerah TinarBuka 2023 yang diadakan di Hotel Atria Tangerang, Banten pada Senin (27/3).

Menurut Mbak Ita, sapaan akrab wali kota, sejumlah inovasi Smart City yang terus diwujudkan guna mendukung adanya transparansi informasi.

“Kami ingin membuat transparan, semuanya terbuka. Saat ini tidak ditutup-tutupipun pasti akan terbuka. Sehingga kami melakukan banyak hal yang berbasis inovasi,” tutur mbak Ita saat melakukan paparan di Hotel Atria Tangerang, Banten.

Beberapa inovasi tersebut di antaranya, Sistem Pantau Banjir, Siaga Corona, Sistem Penerimaan Pajak Online, Early Warning System Bencana, hingga aplikasi Tilik Semarang dengan sebaran CCTV di wilayah RT / RW s3 Kota Semarang.

“Kami memasang CCTV di semua RT, tidak hanya untuk memantau lalu lintas tapi juga mitigasi bencana,” kata mbak Ita dalam siaran persnya.

Pihaknya mengungkapkan, jaringan CCTV tersebut juga terintegrasi dengan sistem keamanan di Polrestabes Semarang sehingga bermanfaat dalam mengungkap kejadian kriminal.

Keunggulan keberadaan kanal komunikasi dan layanan informasi yang dikelola Diskominfo seperti faktor kemudahan dalam penggunaan dan fitur ramah difabel seperti fitur teks to voice dan color to grayscale, serta fitur interaktif melalui whatsapp.

Pengunjung Web

“Jumlah pengunjung web kami pada tahun 2022 mencapai 2.5 juta dan jumlah klik web informasi kami sebanyak 247 juta orang yang mencari informasi,” tuturnya.

Ita menjelaskan, demi meningkatkan pelayanan informasi, pihaknya tengah menyiapkan layanan metaverse Mall Pelayanan Publik (MPP) yang digadang sebagai kota pertama yang mengimplementasikan metaverse.

“Saat ini sedang pengembangan Metaverse MPP, In Sha Allah akan diluncurkan saat Hari Jadi Kota Semarang (2 Mei) dan dapat melayani masyarakat bisa dari mana saja,” tuturnya.

Perlu diketahui, Anugerah Tinarbuka 2023 adalah anugerah yang kali pertama digelar Komisi Informasi Pusat. Salah satu tujuannya adalah dalam rangka pemberian penghargaan kepada lembaga dan perorangan yang dinilai telah memberikan kontribusi nyata dalam menumbuhkembangkan keterbukaan informasi.

KIP melakukan penyelenggaraan berdasarkan 3 kategori, yakni penyelenggara pemilu tingkat provinsi, pemerintah kabupaten/kota, serta SKPD atau dinas pemerintah provinsi. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS