Korlantas Polri Sebut Situasai Arus Lintas Nataru Masih Terkendali

SetyoNt - Senin, 27 Desember 2021 15:31 WIB
Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan (kanan) saat menyerahkan bingkisan kepada petugas Pos Pengamanan Nataru di Semarang, Senin (27/12). (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Direktur Penegakan Hukum Korp Lalu Lintas (Dirgakkum Korlantas) Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan menyatakan, situasi kamtibmas secara umum selama Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) masih terkendali.

Menurutnya dari pantauan situasi arus lalu lintas dari Jakarta sampai Semarang, Jawa Tengah (Jateng) masih lancar, tidak ada hambatan, dan kecelakaan juga masih bisa dikendalikan.

“Kami akan terus berjaga sampai nanti selesai Tahun Baru. Diprediksi tanggal 2 Januari 2022 itu arus balik. Kalau arus mudik kemarin lancar, berharap arus balik juga lancar. Kami sudah siapkan skema-skema untuk menghadapi itu,” katanya di sela penyerahan bingkisan kepada petugas Pos Pengamanan Nataru di Semarang, Senin (27/12).

Lebih lanjut, Aan menyatakan, pada Operasi Lilin 2021 fokusnya adalah pengetatan protokol kesehatan Covid-19. Semua kegiatan di lapangan muaranya pada hal itu.

Termasuk nanti pada saat Tahun Baru semua petugas juga disiapkan untuk pengamanan titik-titik yang berpotensi keramaian sesuai dengan level daerah.

“Arahan Kakorlantas, selama Operasi Lilin 2021 tidak ada penilangan secara konvensional. Tapi kami sudah punya kamera-kamera yang ada di sepanjang jalan tol, ada ETLE mobile dan juga statis,” ujarnnya.

Sehingga kalau ada pelanggaran lalu luntas, Aa menambhakan, nanti akan diberikan surat konfirmasi ke alamat sesuai yang ada di STNK.

Sementara, Geubernur Jateng, Ganjar Pranowo meminta bupati/wali kota mengawasi ketat destinasi wisata di daerah masing-masing pada saat libur Tahun Baru

Diprediksi jumlah pengunjung tempat-tempat tempat wisata bakal meningkat pada Libur Tahun mendatang.

“Saya minta teman-teman bupati dan wali kota untuk melakukan pengawasan ketat tempat wisata,” ujarnya.

Ganjar menerangkan, aturan-aturan libur Tahun Baru sudah ditetapkan dalm Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) baru.

Kepada para pengelola obyek wisata, Ganjar juga mengingatkan untuk ketat menerapkan protokol kesehatan. Aturan yang sudah ada, semua harus dipatuhi.

“Seminggu ini harus siaga penuh. Pariwisata kita kontrol, Satpol PP agar keliling untuk terus mengingatkan,” katanya.

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS