Klaten Lurik Carnival Ajang Promosikan Kain Lurik kepada Masyarakat

SetyoNt - Selasa, 01 Agustus 2023 18:48 WIB
Peserta tampil dalam Klaten Lurik Carnival untuk Promosikan Kain Lurik kepada Masyarakat (dok.jatengprov.go.id)

Klaten, Jatengaja.com - Guna mempromosikan kain lurik kepada masyarakat, digelar ajang Klaten Lurik Carnival (KLC) 2023 dengan mengambil lokasi disepanjang Jalan Pemuda.

Pagelaran Klaten Lurik Carnival dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten tersebut mampu menarik ribuan warga untuk menonton atraksi tersebut.

Ribuan warga memadati sepanjang Jalan Pemuda Klaten yang dilalui iring-iringan peserta karnaval mengenakan berbagai macam kreasi baju lurik pada Minggu 30 Juli 2023.

Klaten Lurik Carnival 2023 dengan tema kostum “Pengantin” diikuti 18 kontingen dari berbagai wilayah di Klaten yang berjalan menyusuri Jalan Pemuda dari depan Taman Lampion hingga depan Rumah Dinas Bupati Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani ikut memeriahkan Klaten Lurik Carnival dengan mengenakan busana kebaya lurik putih yang dipadukan hiasan lurik merah maroon dengan motif bunga, menuju depan panggung kehormatan dengan menggunakan kereta kencana.

Kedatangan Bupati Klaten disambut dengan tari Wonderland Indonesia, yang dibawakan penari cilik dari Sanggar Sekar Langit.

Bupati Sri Mulyani menyatakan kegiatan Klaten Lurik Carnival 2023 digelar tidak sekadar karnaval, namun keberlanjutannya, agar bisa mendongkrak UMKM yang bergerak di produksi kain lurik.

“Lewat Klaten Lurik Carnival kita mengetahui, bahwa kain lurik yang sederhana bisa menjadi begitu elegan dengan sentuhan kreativitas,” katanya.

Sri Mulyani menyampaikan apreasi kepada seluruh peserta, terutama para desainer yang telah meramaikan gelaran KLC 2023 pascapandemi Covid-19. Lewat gelaran itu, kain lurik yang merupakan potensi Kabupaten Klaten, memiliki nilai lebih, terutama nilai ekonomi.

“Harapannya dengan ajang Klaten Lurik Carnival, memberikan promosi bagi UMKM Kabupaten Klaten, khususnya para perajin lurik,” harap Bupati Klaten. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS