Kakorlantas Polri Kunjungi Jateng, Cek Kesiapan One Way Nasional Arus Balik di Jalan Tol

SetyoNt - Kamis, 05 Mei 2022 22:42 WIB
Kakorltantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi (kiri) melakukan kunjungan ke Jateng mengecek kesiapan pemberlakukan one way di jalan tol pada arus balik Lebaran. (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengunjungi sejumlah gerbang tol di Jawa Tengah untuk mengecek persiapan penerapan one way nasional di jalur tol Trans Jawa pada arus balik Lebaran 2022.

Penerapan on way atau satu jalur nasional rencananya akan diberlakukan mulai dari gerbang tol Kalikangkung Semarang hingga Cikampek Jawa Barat pada Jumat (6/5/2022).

Didampingi Dirlantas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Pol Agus Suryonugroho, Kakorlantas mengecek kesiapan personel serta perkembangan arus lalu lintas pada masa arus balik Lebaran di gerbang Tol Bawen, Banyumanik dan Kalikangkung.

Menurut Firman perkembangan arus lalu lintas balik Lebaran ke arah Jakarta sudah menembus rasio 1, sehingga perlu dilakuan intervensi berupa rekayasa lalu lintas seperti pembelakukan one way agar tidak terjadi kemacetan atau kendala serius.

"Bila rasio sudah menembus angka 1, maka sudah tidak bisa lagi dilakukan pengaturan jalur seperti pada masa normal. Perlu rekayasa lalu lintas seperti one way," kata Kakorlantas.

Untuk itu dia menjanjikan update perkembangan informasi pengaturan lalu lintas akan disampaikan kepada masyarakat.

“Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak terjebak di tengah kemacetan arus. Kepentingan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan jalan tetap harus diutamakan,” tandasnya.

Sementara, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryonugroho menjelaskan perkembangan arus lalu lintas di Jateng sudah mulai memadat sehingga dimungkinkan akan diterapkan one way yang bersifat lokal dari gate tol Banyumanik.

"Bila beberapa waktu lalu arus dari Bawen ke arah barat sudah padat merayap, maka saat ini arus sudah makin padat karena rasio kendaraan sudah naik signifikan," kata Dirlantas.

Dimungkinkan, pada penerapan one way nasional tanggal 6 Mei 2022, Polda Jateng juga akan melakukan one way lokal dari gate tol Banyumanik ke arah barat.

“Semua nanti akan kita koordinasikan dengan semua pihak yang terkait, tentunya dengan seizin dari Kakorlantas Polri,” ujar Agus. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS