Jaga Ketahanan Pangan, Pemkot Semarang Luncurkan Program Perdu Semerbak

SetyoNt - Kamis, 28 September 2023 08:30 WIB
Wali Kota Semarang, Mbak Ita (tiga dari kiri) luncurkan program Perdu Semerbak di Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas. (jatengaja.com/dok.semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang meluncurkan program Perkampungan Pertanian Terpadu Semarang Seribu Polybag, Ayam dan Kelinci (Perdu Semerbak) dalam upaya menjaga ketahanan pangan.

Program Perdu Semerbak Pemkota Semarang ini mendapatkan dukungan dari Bank Jateng, PLN, Indonesia Power, dan Bank Indonesia.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan program Perdu Semerbak ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Semarang menjaga ketahanan pangan sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo.

Menurut Mbak Ita panggilan wali kota Semarang ada tiga daerah yang menjadi pilot project atau percontohan program Perdu Semerbak yakni Tambaklorok Kelurahan, Rejosari, Semarang Timur, dan Kelurahan Karangmalang, Kecamatan Mijen.

Mbak Ita menegaskan program Perdu Semerbak bukan hanya untuk kepentingan Pemkot Semarang, melainkan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat sehingga inflasi akan terkendali.

“Apalagi, Kota Semarang mendapat nominator kota besar yang memiliki inflasi rendah. Selain itu, Kota Semarang juga mendapat penghargan penjualan bahan pokok yang murah,” katanya dilansir dari semarangkota.go.id.

Kepada masyarakat Tambalorok, yang telah menerima polybag, Mbak Ita meminta supaya ditanam dan dikembangkan. Dalam tiga bulan, berarti sebelum Natal sudah tumbuh.

“Dengan adanya polybag, tidak usah belanja. Kalau bisa malah jual di warung-warung sini,” ujarnya.

Mbak Ita pun berharap dengan adanya program Perdu Semerbak, Pemkot Semarang bersama masyarakat bisa bergerak bersama untuk kota Semarang yang semakin sejahtera.

“Pemerintah bersama masyarakat harus bergerak bersama agar ketahanan pangan di Kota Semarang semakin bagus, sehingga masyarakat semakin sejahtera,” katanya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS