Indonesia Raih Juara Umum Asean Para Games 2022

SetyoNt - Sabtu, 06 Agustus 2022 23:24 WIB
Indonesia Raih Juara Umum Asean Para Games 2022 (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Solo, Jatengaja.com - Kontingen tuan rumah Indonesia juara umum pada ajang Asean Para Games (APG) 2022 di Solo dengan meraih sebanyak 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyatakan, ada empat target kesuksesan yang dicanangkan dalam penyelenggaraan Asean Para Games 2022.

Empat sukses itu yakni sukes penyelenggaraan, prestasi, ekonomi, dan administrasi. Tiga target sukses sudah tercapai.

“Sukses penyelenggaraan, sukses prestasi juara umum, sukses ekonomi daerah kegiatan ini menggairahkan ekonomi di Solo Raya dan Jawa Tengah. Kita masih tunggu untuk sukses keempat yaitu sukses administrasi karena menggunakan uang APBN, nanti akan kami informasikan setelah selesai audit,” kata Menpora pada penutupan Asean Para Games di Stadion Manahan Solo, Sabtu (6/8).

Oleh karenanya, Menpora mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka atas arahan dan dukungannya.

Sementara, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengatakan kesuksesan penyelenggaraan Asean Para Games 2022 di Solo merupakan keberanian pemerintah Indonesia dalam mengambil keputusan.

“Sekjen Asean Para Sport Federation bicara sama saya, banyak negara yang akan belajar dari keberanian Indonesia. Karena dalam waktu cepat dengan pengelolaan yang relatif bagus,” ujarnya saat menghadiri penutupan Asean Para Games di Solo.

Keberhasilan menggelar Asean Para Games 2022, lanjut Ganjar membuktikan Indonesia mampu menggelar event internasional dengan persiapan yang singkat.

Apalagi setelah beberapa negara di Asean menyerah untuk menjadi tuan rumah. Dalam waktu yang sangat pendek, satu bulan berhasil menggelar kegiatan itu dengan sukses.

“Hasilnya juga top, Indoesia juara umum Asean Para Games 2022,” katanya.

Ganjar menambahkan, setelah atlet-atlet tersebut mendapatkan prestasi maka yang dipikirkan kemudian adalah perhatian tentang masa depan.

Termasuk pendampingan dan pembinaannya. Atlet yang mendapatkan prestasi akan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah.

“Perhatian kita pada atlet yang diperlukan. Ya pendampingannya, menurut saya yang berikutnya adalah masa depan mereka maka mereka-mereka yang mendapatkan medali berhak untuk pembinaan masa depan. Tidak hanya sekadar achievement tetapi juga persoalan hidup mereka, itu yang musti pemerintah pikirkan,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS