Iduladha 1445 Hijriyah, Jajaran Polda Jateng Sembelih 391 Hewan Kurban

SetyoNt - Selasa, 18 Juni 2024 13:28 WIB
Iduladha 1445 Hijriyah, Jajaran Polda Jateng Sembelih 391 Hewan Kurban Sapi, Kerbau, dan Kambing (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com – Pada Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah/2024, jajaran Polda Jawa Tengah (Jateng) menyembelih sebanyak 391 hewan kurban terdiri atas 176 ekor sapi dan kerbau, serta 215 ekor kambing.

Penyembelihan sebanyak 391 hewan kurban tersebut dilakukan setelah melaksanakan ibadah sholat Iduladha di masing-masing polres jajaran Polda Jateng, Senin (17/6/2024).

Pelaksanaan sholat Iduladha tingkat Polda Jateng dilaksanakan di Lapangan Mako Satbrimob Polda Jateng diikuti seribuan jemaah yang terdiri dari pejabat utama Polda Jateng, personil Mapolda dan Satbrimob serta warga sekitar.

Bertindak selaku imam dan khotib sholat Iduladha adalah Guru Besar Agama Islam UIN Walisongo Kota Semarang K.H. Prof. Dr. Nur Khoirin YD, M.Ag.

Dalam ceramahnya, Prof. Nur Khoirin menyatakan iman yang sejati, yakni mempertahankan iman saat diuji dan pengorbanan demi mengokohkan iman itu sendiri.

"Iman tidak datang secara tiba-tiba, namun melalui proses yang panjang dan bersungguh sungguh serta penuh pengorbanan,” ujarnya.

Diungkapkan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan hanyalah simbolis, namun makna sejatinya adalah bentuk kesediaan untuk siap berkorban dalam bentuk apapun, termasuk yang kita cintai sekalipun sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim as.

"Betapapun besarnya cinta kita terhadap anak, harta, pangkat dan jabatan yang disandang, tidak boleh mengalahkan cinta kita terhadap Allah," ujarnya.

Di akhir ceramah, Prof. Nur Khoirin mengajak seluruh jamaah untuk selalu mensyukuri nikmat Allah agar segala nikmat yang diterima menjadi berkah. Serta selalu meningkatkan kualitas iman dan ketaqwaan terhadap Allah.

Seusai sholat Iduadha dilanjutkan penyembelihan hewan kurban yang diawali dengan laporan dari Karo SDM Polda Jateng, Kombes Pol. Yohanes Ragil selaku Ketua Panitia Kurban Tingkat Polda Jateng.

Dalam laporannya, Yohanes Ragil menyebutkan peringatan Iduladha dilaksanakan serentak di 35 Polres jajaran. Di tingkat Satker Mapolda Jateng terkumpul hewan kurban berupa 15 ekor sapi dan 17 ekor kambing yang akan disembelih di Mako Satbrimob.

“Untuk jajaran Polda Jateng secara keseluruhan melakukan penyembelihan sebanyak 176 ekor sapi dan kerbau dan 215 ekor kambing yang proses penyembelihan dan distribusinya tersebar di seluruh polres jajaran Polda Jateng," ungkapnya.

Penyembelihan dilakukan di samping mako satbrimob Polda Jateng oleh tim ahli dari Salatiga beranggotakan 20 orang dibantu 50 personil satbrimob Polda Jateng yang melakukan pemotongan dan pengemasan daging hewan kurban.

Daging hewan kurban akan dibagikan kepada warga masyarakat di sekitar mako, PHL di lingkungan Satker Mapolda, sejumlah Pondok Pesantren dan panti asuhan serta lembaga sosial lainnya.

"Untuk Satker Mapolda Jateng, total distribusi paket daging kurban sebanyak 2.030 paket yang diserahkan kepada PHL, warga masyarakat sekitar. Serta 200 paket diserahkan kepada 10 yayasan panti asuhan," jelasnya.

Sementara, Irwasda Kombes Pol Rudy Mulyantoko membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, menyatakan penyembelihan hewan kurban mengingatkan pada kisah Nabi Ibrahim as pada saat menerima perintah Allah untuk menyembelih anaknya Ismail.

“Sebagai bentuk ketaatan terhadap Allah, perintah itu dilaksanakan Nabi Ibrahim dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Hal ini memiliki makna setiap ujian dan cobaan dari Allah untuk menguji sejauh mana iman dan taqwa kita terhadap perintah,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS